Wajib Pakai Masker saat Keluar Rumah, Warga: Barangnya Enggak Ada

Senin, 06 April 2020 - 10:35 WIB
Wajib Pakai Masker saat Keluar Rumah, Warga: Barangnya Enggak Ada
Wajib Pakai Masker saat Keluar Rumah, Warga: Barangnya Enggak Ada
A A A
JAKARTA - Seruan pemerintah mengenai penggunaan masker di ruang publik belum sepenuhnya diketahui masyarakat. Masih banyak warga yang beraktivitas tanpa menggunakan masker, seperti terlihat di Stasiun MRT dan Halte Tranjakarta Bundaran HI, Senin (6/4/2020).

Pantauan SINDOnews, masih banyak masyarakat yang bepergian tanpa menggunakan masker. Yani, seorang penumpang MRT di Stasiun Bundaran HI mengatakan belum mengetahui adanya seruan mengenakan masker saat di luar rumah. Alasan lain Yani tidak menggunakan masker karena sulit mendapatkan barang tersebut.

"Bukannya saya abai, tapi emang enggak dapat masker. Persediaan saya sudah habis. Mau beli lagi sudah enggak ada yang jual," ujar Yani. (Baca juga: DKI Wajibkan Penumpang Seluruh Angkutan Umum Massal Gunakan Masker)

Menurut Yani, sebelum mengimbau warga pemerintah harusnya terlebih dulu memastikan stok masker itu tersedia di pasaran, supaya masyarakat mudah untuk membelinya. Selain itu pemerintah juga harus menjamin kebutuhan sehari-hari warga, yang dianjurkan tidak ke luar rumah guna memutus matai rantai penularan virus Corona. (Baca juga: Anies Siapkan Pembagian Masker Gratis untuk Warga DKI)

"Kalau mau warga enggak tertular Corona ya minimal pastiin dulu maskernya ada. Tapi juga bukan masker saja, yang paling penting pastiin kebutuhan pokok buat masyarakat yang dilarang beraktivitas di luar rumah. Saya keluar buat cari makan," kata Yani.

Senada dengan Yani, Irma, seorang pelanggan moda transportasi Transjakarta menuturkan, saat ini masker sudah langka. Sekalipun ada harganya mahal, sehingga masyarakat kesulitan untuk menggunakan masker saat keluar rumah. (Baca juga: Imbauan Pemerintah Agar Masyarakat Pakai Masker Dinilai Terlambat)

"Maskernya sekarang sudah jarang. Terkahir 3 hari lalu saya cari di apotek sekitar rumah sudah enggak ada, semuanya habis. Sekalinya ada, harganya itu loh, mending dibeliin buat makan sama bayar cicilan," tukasnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat maupun Pemprov DKI menyerukan kepada warga untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Langkah ini diambil karena jumlah kasus pasien Covid-19 semakin bertambah.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)