Tidak Ada Karantina Wilayah, Polda Sebut Warga Banyak Lakukan Inovasi Cegah Corona

Jum'at, 03 April 2020 - 14:11 WIB
Tidak Ada Karantina Wilayah, Polda Sebut Warga Banyak Lakukan Inovasi Cegah Corona
Tidak Ada Karantina Wilayah, Polda Sebut Warga Banyak Lakukan Inovasi Cegah Corona
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menyatakan banyak warga Ibu Kota melakukan inovasi dengan mengkarantina wilayah RT/RW masing-masing. Pasalnya hingga saat ini tidak ada perintah karantina wilayah di Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, wabah virus Corona di Ibu Kota membuat warga lebih mawas diri menjaga lingkungan. Salah satunya dengan cara menutup portal jalan agar masyarakat dari luar tidak bisa masuk ke wilayahnya.

"Ini inovasi yang dikakukan oleh masing-masing RT atau RW secara lokal saja," kata Yusri kepada wartawan pada Jumat (3/4/2020).

Yusri menuturkan, inovasi itu dilakukan tentunya tidak bersifat karantina. Masyarakat di sana masih bisa keluar masuk ke area perumahan mereka meski area itu kerap ditutup portal.

Hal itu dikatakan Yusri bertujuan agar tidak ada orang dari luar wilayah masuk ke area pemukiman warga. Warga saat ini sudah sadar untuk menjaga diri agar terhindar dari wabah virus itu.

"Memang ada beberapa inovasi-inovasi yang dilakukan oleh sejumlah RT tapi sifatnya itu bukan sebagai karantina. Karena memang masyarakat itu merasa perduli untuk jaga warganya sendiri. Jangan sampai ada warga lain yang masuk ke dalam bisa mengakibatkan orang-orang disekitar situ tertular," ujar Yusri.

"Itu inovasi saja tetapi bukan berarti dia dikarantina tidak bisa keluar. Tetap mereka bisa keluar pada saat mereka butuhkan, misal mau beli sembako ya mereka akan keluar," ucap mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat itu.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5627 seconds (0.1#10.140)