Waspadai Penyebaran Wabah Corona, DPD IMM DKI Keluarkan Maklumat

Senin, 16 Maret 2020 - 16:50 WIB
Waspadai Penyebaran...
Waspadai Penyebaran Wabah Corona, DPD IMM DKI Keluarkan Maklumat
A A A
JAKARTA - Menanggapi penyebaran wabah Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19) yang sangat cepat dan sudah masuk Indonesia, Dewan Pimpinan Derah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) DKI Jakarta mengeluarkan Maklumat Nomor 001/A-5/IX/2020 tentang Kewaspadaan dan Antisipasi Pencegahan Wabah Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19) Di Lingkungan DPD IMM DKI Jakarta.

Ketua Umum DPD IMM DKI Jakarta, Suparman mengatakan, ditengah penyebaran virus Corona yang sangat cepat, pihaknya telah menyampaikan maklumat kepada seluruh Pimpinan Cabang IMM Se-DKI Jakarta untuk bisa dilaksanakan dan diturunkan kepada Pimpinan Komisariat.

“Kami sudah memberitahukan kepada seluruh Pimpinan Cabang dan Pimpinan Komisariat IMM Se-DKI Jakarta melalui maklumat yang kami buat, untuk tetap waspada dan mengatisipasi penyebaran virus Corona yang sangat cepat serta melakukan tindakan-tindakan atau upaya-upaya dalam mencegah penyebaran Corona," kata Suparman dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Senin (16/3/2020).

Suparman menjelaskan salah satu poin dari maklumat yang dikeluarkan adalah menunda kegiatan-kegiatan yang mengundang massa atau jumlah orang yang banyak seperti kegiatan mengaji, seminar, diskusi, dan lain-lain atau dapat dilaksanakan dengan cara lain.

"Untuk sementara, kami sudah arahkan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Komisariat untuk tidak menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendatangkan massa banyak. Kalaupun tetap mau ingin diselenggarakan maka dilakukan dengan cara lain yang bersifat terbatas dengan tempat yang aman dan dilengkapi dengan peralatan medis, atau bisa juga dengan memanfaatkan teknologi informasi," terangnya.

Dia melanjutkan, maklumat ini dikeluarkan merujuk pada Maklumat PP Muhammadiyah, Surat Edaran Mendikbud, Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta. (Baca: Bupati Akui Korban Meninggal Virus Corona di Solo Sempat Ikuti Seminar di Bogor)

"Muhammadiyah sebagai organisasi induk dari IMM, sudah mengeluarkan maklumat, maka kami sebagai organisasi otonom di bawah Muhammadiyah tentu harus selaras, selain itu Surat Mendikbud kemudian Instruksi Gubernur yang dikeluarkan juga harus kita indahkan. Apalagi Pemprov DKI Jakarta sudah mengeluarkan peta sebaran wabah virus Corona, tentu ini harus kita respons," ungkapnya.

Suparman berharap semoga wabah virus Corona cepat berakhir dan upaya-upaya yang dilakukan mampu mencegah penyebaran wabah virus Corona yang makin tidak terkendali."Mencegah penyebaran virus corona menjadi kewajiban semua pihak, bukan hanya pemerintah. Semoga penyebaran virus corona ini cepat berakhir," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8868 seconds (0.1#10.140)