alexametrics

Mahasiswa PNJ Antusias Ikuti SINDO Goes to Campus

loading...
Mahasiswa PNJ Antusias Ikuti SINDO Goes to Campus
Mahasiswa PNJ Antusias Ikuti SINDO Goes to Campus
A+ A-
DEPOK - Ratusan mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Depok antusias mengikuti kegiatan SINDO Goes to Campus (SGTC). Tema yang diangkat kali ini adalah Kreasi Konten Sosial Media. Acara digelar di Aula Lantai 2 Gedung Z Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Rabu (26/2/2020).

Dalam kegiatan ini dilakukan dialog dan pemaparan mengenai dunia jurnalistik khususnya yang berkaitan dengan digital.

Pemimpin Redaksi KORAN SINDO dan SINDOnews Djaka Susila mengatakan, dalam dunia digital sekarang ini arus informasi begitu deras sehingga tidak semua informasi yang didapat bisa dipercaya begitu saja. Salah satu cara mengonfirmasi apakah informasi tersebut benar atau tidak adalah dengan memverifikasi melalui media massa.



"Media massa memiliki peranan yang berbeda dengan sosial media yaitu fungsi verifikasi. Di sini peran yang cukup penting dari media massa," ujarnya, Rabu (26/2).

Saat ini dunia dalam genggaman dengan kecanggihan teknologi dan perkembangan yang ada sehingga semua informasi datang dengan begitu cepat tanpa diketahui sumber utama. Sebagai generasi muda yang cerdas, mahasiswa harus pintar menyaring segala informasi yang diperoleh.

"Memegang gadget harus berhati-hati, apalagi sampai menyebarkan informasi pada umum. Karena dampaknya sangat luar biasa jika informasi yang disebarkan itu salah. Maka itu, sangat penting melakukan verifikasi," ungkap Djaka.

Terlebih keterbukaan informasi sangat gamblang. Dia mengingatkan bagaimana pentingnya menangkal informasi yang tidak benar (hoaks). Di sini pentingnya memahami arti jurnalistik dengan melakukan verifikasi.

"Belajar jurnalistik adalah belajar memverifikasi. Dan dengan membaca kita bisa menangkal hoaks. Mahasiswa menjadi garda terdepan melawan hoaks. Harapannya kita jangan menjadi masyarakat digital yang sesat tapi jadilah masyarakat digital yang berguna," ujarnya.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak