Cawagub Nurmansjah Suruh Pindah, Warga: Sediakan Dulu Ganti Untungnya

Jum'at, 07 Februari 2020 - 19:15 WIB
Cawagub Nurmansjah Suruh...
Cawagub Nurmansjah Suruh Pindah, Warga: Sediakan Dulu Ganti Untungnya
A A A
JAKARTA - Komentar Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurmansjah Lubis, terkait solusi mengatasi banjir, mengundang reaksi publik. Nurmansjah mengatakan agar warga pindah tempat tinggal jika tidak ingin terkena banjir.

Ketua RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Muchtar Usman, mengatakan, jika pemerintah menyuruh warga pindah maka harus ada kompensasi atau ganti rugi atas kepemilikan tanah dan rumah yang dimiliki warga terdampak banjir.

"Boleh saja kita disuruh pindah tempat, namun juga harus dipikirkan proses ganti untungnya. Karena tanah dan rumah tinggal milik sendiri," kata Muchtar saat ditemui di Kantor RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Jumat (7/2/2020).

Diakui, permukiman warga RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, merupakan daerah rawan banjir. Pada awal tahun 2020 lalu, permukiman warga terendam banjir dengan ketinggian mencapai 3 meter. Hal itu terjadi karena letak permukiman yang berdampingan dengan aliran kali Sunter.

"Sembilan RT di wilayah RW 03 terendam banjir setinggi 3 meter. Akibatnya banyak warga dievakuasi ke tempat yang aman dari ancaman musibah banjir awal tahun lalu," tuturnya.

Apabila relokasi itu jadi solusi, warga ingin ada nilai yang sepadan. Menurut dia, warga setempat tidak akan menolak ganti rugi asalkan jangan dipatok dari Nilai Jual Obejek Pajak.

"Kami berharap nilai yang ditawarkan sesuai sehingga proses itu tidak menyengsarakan warga. Warga yang terkena relokasi dapat kembali membeli rumah. Jangan sampai uang ganti untung itu enggak cukup, terus tidur di kolong jembatan," tukasnya.

Sebelumnya, dua Cawagub DKI Jakarta, yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis, melakukan kunjungan ke fraksi-fraksi di DPRD DKI dalam beberapa hari terakhir.

Anggota DPRD maupun wartawan ingin tahu terkait solusi banjir dari kedua calon jika mereka terpilih mendampingi Anies kelak. Saat ditanya soal penanganan banjir di Jakarta, Nurmansjah mengatakan bahwa jika banjir datang, orang harus pindah.

"Ya, gampang, strategi kalau banjir pindah saja ente. Saya juga kelelep," kata Nurmansyah usai mengunjungi Fraksi PKB-PPP di Gedung DPRD DKI, Rabu (5/2/2020).
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)