Galakkan Penghijauan, Polres Jakpus Siapkan 1.450 Bibit Pohon

Jum'at, 10 Januari 2020 - 16:25 WIB
Galakkan Penghijauan, Polres Jakpus Siapkan 1.450 Bibit Pohon
Galakkan Penghijauan, Polres Jakpus Siapkan 1.450 Bibit Pohon
A A A
JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat bersama Pemkot dan TNI, menggalakkan program penghijauan melalui penanaman seribu pohon sebagai wujud kepedulian terhadap bumi dan kelestarian lingkungan.

"Secara tidak sengaja atau disengaja, ekosistem bumi makin menurun kualitasnya sehingga bumi rusak. Makanya, dengan gerakan Polri Peduli Bumi ini, memerintahkan satu orang menanam satu pohon. Kami bersama pemerintah daerah dan TNI mendukung program ini untuk menghijaukan, khususnya di Jakarta Pusat," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto, Jumat (10/1/2020).

Heru mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 1.450 bibit yang akan ditanam di seputar kantor polisi dan rumah setiap anggota. Jenis tanaman yang disiapkan antara lain buah-buahan, jambu, mangga jeruk, sawo, dan tanaman keras. "Yang kami tanam sekarang itu tabebuya. Bunganya seperti bunga sakura, jadi sisi keindahan. Ini sudah dibudidayakan di sini. Ikon di Jakarta Pusat warnanya pink," sebut Heru.

Khusus untuk fasilitas umum, Polres Metro Jakarta Pusat nantinya bakal berkoordinasi dengan wali kota. "Jika memang di sini sudah penuh kami geser ke rumah anggota masing-masing. Kami memerintahkan anggota mengajak anak-anaknya ikut menanam agar mereka paham menjaga dan merawat bumi ini," tukas Heru.

Heru yakin, dengan aksi ini masyarakat luas bisa terinspirasi masyarakat lain untuk ikut menanam pohon. "Kalau keindahan pasti. Lalu polusi yang ada di Jakarta bisa berkurang. Ini untuk menjaga alam dan menambah resapan air," papar Heru.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara berjanji menambah tanaman-tanaman di ruang publik, seperti taman. "Mudah-mudahan ini bagian kita menambah kehijauan di bumi ini. Satu pohon bisa menghasilkan oksigen untuk empat orang, sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang," jelas Bayu.

Bayu akan mengajak para pengelola gedung, seperti mal, perkantoran, hingga hotel, untuk ikut menggerakkan penghijauan di sejumlah tempat. "Kami ajak mereka untuk melakukan penghijauan bersama," terang Bayu.

Ia juga memastikan pompa-pompa air di Jakarta Pusat berjalan dengan lancar untuk mencegah terjadinya banjir. "Kemarin di Mangga Dua Selatan sudah kami lakukan perawatan dan pembenahan. Kami sudah siapkan pompa dan besarkan saluran terutama di wilayah depan PN Jakarta Pusat. Sudah kami lebarkan salurannya dan disiapkan di samping kali Ciliwung sehingga bisa menarik di kawasan itu," tutup Bayu.

Di tempat yang sama, Dandim 0501/JP BS Kolonel (Inf) Wahyu Yudhayana mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan anggota TNI untuk membantu penghijauan di beberapa tempat, seperti kantor Koranmil dan rumah anggota masing-masing. "Kami selalu mendukung langkah pemerintah melakukan penghijauan demi kebaikan ekosistem alam," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4187 seconds (0.1#10.140)