Relawan DKM Masjid Al Ukhuwah Beri Trauma Healing untuk Korban Banjir

Kamis, 09 Januari 2020 - 11:02 WIB
Relawan DKM Masjid Al Ukhuwah Beri Trauma Healing untuk Korban Banjir
Relawan DKM Masjid Al Ukhuwah Beri Trauma Healing untuk Korban Banjir
A A A
TANGERANG - Relawan dari berbagai organisasi hingga saat masih terus memberi bantuan kepada korban terdampak banjir. Termasuk yang dilakukan relawan DKM Masjid Al Ukhuwah, The Avani BSD Tangerang.

Bantuan evakuasi korban berupa pemberian bantuan kebutuhan yang diperlukan hingga pelayanan pemulihan trauma atau trauma healing yang Islami dilakukan relawan ini di Perumahan Pesona Serpong, Kademangan - Setu Tangerang Selatan.

Perumahan Pesona Serpong menjadi daerah yang paling parah terdampak banjir di Tangerang Selatan. Saat banjir lalu air mencapai ketinggian hingga 4 meter dan merendam ratusan rumah di kompleks tersebut yang dihuni oleh 250 KK atau sekitar 600 jiwa.

Ketua DKM Masjid Al Ukhuwah, The Avani BSD Tangerang, Erwin Lubis mengatakan, pelayanan pemulihan trauma tersebut bertujuan untuk memulihkan rasa stress dan trauma yang diderita oleh anak-anak akibat bencana banjir besar dan meluapnya aliran air sungai Cisadane.

"Kami berempati terhadap para warga terdampak banjir dan kami memberikan pelayanan trauma healing kepada anak-anak yang bernuansa islami oleh sejumlah aktivitas, yaitu tausiyah islam ilmiah anak muslim yang disampaikan oleh Kak Yogi dengan tema, "Hikmah di Balik Musibah : Yuk Mengenal Allah dan Rasul-Nya," yang berpesan kepada anak-anak dengan momentum datangnya musibah ini agar kita semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala secara ikhlas dan mengajak untuk mengamalkan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dengan cara yang benar, serta tetap bersemangat untuk terus belajar, meski dilanda keterbatasan akibat bencana banjir yang dideritanya," beber Erwin Lubis.

Selain itu, kegiatan pemulihan trauma healing yang memfokuskan kepada anak-anak usia sekolah juga diramaikan oleh games interaktif, serta kuis berhadiah yang dibawakan oleh tim pengajar dari sekolah islam TK & SDI As Salaf Tahfidzul Qur'an Serpong.

Erwin Lubis juga berharap rasa trauma yang dialami anak-anak dengan acara ini dapat berkurang dan bisa semangat lagi untuk belajar.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)