Ini Tips Aman Saksikan Gerhana Matahari Cincin

Kamis, 26 Desember 2019 - 09:14 WIB
Ini Tips Aman Saksikan Gerhana Matahari Cincin
Ini Tips Aman Saksikan Gerhana Matahari Cincin
A A A
JAKARTA - Masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin disarankan tidak melihat langsung tanpa bantuan alat. Karena dengan melihat langsung ke arah matahari bisa mengganggu kesehatan mata.

Kepala Humas Planetarium Eko Wahyu Wibowo mengingatkan, agar masyarakat tidak melihat langsung gerhana matahari cincin tanpa bantuan alat khusus.

"Gunakan kacamata khusus atau teleskop, kalau yang sederhana kita menggunakan benda yang berlobang kecil atau pin hall," katanya ketika dihubungi SINDOnews, Kamis (26/12/2019).

Benda di sekitar kita yang bisa digunakan untuk membantu melihat gerhana matahari cincin, sepoerti saringan, kertas yang dilubangi kecil. (Baca Juga: Gerhana Matahari dan Cerita Takhayul dari Berbagai Negara)

"Kedua dengan kacamata khusus dengan filter jenis MD5, ini yang kita bagi ke masyarakat sekarang ada 5.800 kacamata secara gratis. Bisa juga dengan teleskop yang sudah dilengkapi dengan filter, atau kita proyeksikan ke layar," ujarnya.

Terakhir dia tidak menyarankan kepada masyarakat untuk mencoba melihat gerhana matahari cincin dengan mata telanjang. (Baca Juga: NASA Ingatkan Gerhana Matahari Cincin Bisa Membakar Retina)

"Sangat berbahaya, jangankan mata kita, kalau kamera dihadapkan langsung ke matahari itu bisa merusak kamera," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5559 seconds (0.1#10.140)