Festival Sumarak Minangkabau Ajang Promosi Budaya di Tanah Rantau

Sabtu, 21 Desember 2019 - 02:14 WIB
Festival Sumarak Minangkabau Ajang Promosi Budaya di Tanah Rantau
Festival Sumarak Minangkabau Ajang Promosi Budaya di Tanah Rantau
A A A
JAKARTA - Berbagai upaya ditempuh untuk mempromosikan budaya Minang di tanah rantau. Kali ini ada ada Festival Sumarak Minangkabau 2019 di Blok M Square, Jakarta Selatan.

Kegiatan yang kental dengan budaya dari Sumatera Barat ini merupakan kegiatan rutin yang digelar hampir setiap tahun di Jakarta. Anggota DPR RI dari fraksi Nasdem Lisda Hendrajoni mengatakan, gelaran tersebut bertujuan untuk mempromosikan budaya Minang di tanah rantau.

Lebih dari itu, acara ini juga bertujuan untuk melepaskan rindu kampung halaman bagi para perantau asal Sumatera Barat yang bermukim di Jabodetabek.

"Pagelaran ini sangat banyak manfaatnya, tidak hanya untuk promosi budaya tapi juga mampu menjadi sebuah instrumen untuk menarik para wisatawan untuk datang ke Sumatera Barat," ujar Lisda usai menjadi narasumber dalam Festival Sumarak Minangkabau, di Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

Dia berharap, budaya Minang di tanah rantau bisa dikenal secara luas. "Dengan kegiatan ini, kita berharap dapat menjadi media promosi budaya dan wisata," ucap istri Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni ini.

Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumatera Barat ini berharap, Festival Sumarak Minangkabau 2019 membuat masyarakat makin mengenal adat dan budaya Minangkabau.

"Karena adat dan budaya Minang perlu kita lestarikan dan kita kenalkan tidak hanya bagi orang yang berdarah Minang tapi juga seluruh masyarakat Indonesia," ucap Lisda.

Festival Sumarak Minangkabau sendiri turut dihadiri oleh artis dan perancang busana Ida Leman dan Buyung Rais selaku Ketua Umum Designer Etnik Indonesia.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)