Dilengkapi Amphiteatre, PPK Kemayoran Akan Launching Hutan Kota

Kamis, 19 Desember 2019 - 17:43 WIB
Dilengkapi Amphiteatre, PPK Kemayoran Akan Launching Hutan Kota
Dilengkapi Amphiteatre, PPK Kemayoran Akan Launching Hutan Kota
A A A
JAKARTA - Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran akan melaunching Utan Kemayoran yang merupakan hutan kota di tengah Jakarta. Hutan kota seluas 22,3 hektare itu akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk rekreasi, edukasi, dan konservasi.

Direktur Utama PPK Kemayoran, Medi Kristianto mengatakan, Utan Kemayoran akan launching pada hari Sabtu, 21 Desember 2019 mendatang. Konsep yang diusung, yakni “Three Wonderful Journeys”, yaitu forest trail, mangrove expedition, dan water playground yang mewakili 3 karakter utama Utan Kemayoran sebagai sarana rekreasi, edukasi, dan konservasi.

"Peresmian akan dilakukan dengan pelepasan burung, penanaman pohon, tur keliling Utan Kemayoran, dan acara hiburan sekaligus peluncuran logo dan nama resmi “Utan Kemayoran” sebagai wajah hutan Kemayoran yang baru," terangnya kepada wartawan, Kamis (19/12/2019).

Medi mengatakan, PPK Kemayoran berupaya merevitalisasi hutan kota pasif menjadi hutan kota aktif yang dimulai dari perbaikan fisik hutan kota. "Utan Kemayoran ini juga dilengkapi amphiteater dan floating stage yang dapat digunakan untuk kegiatan seperti konser musik dan pentas lainnya," katanya.

Selain itu, lanjutnya, pengunjung juga dapat melihat pemandangan di sekeliling kawasan Kemayoran melalui viewing tower. Pembentukan pulau-pulau ekologis di ekosistem rawa payau hutan kota juga dilakukan guna memberikan manfaat berupa terbentuknya persinggahan baru bagi hewan-hewan di hutan kota yang sebelumnya hanya merupakan semak belukar.

Salah satu obyek yang dibangun dan menjadi ikon Utan Kemayoran adalah jembatan gantung berbentuk lengkung dinamis berfungsi sebagai viewing deck yang melayang di atas air. "Jembatan ini terintegrasi dengan fasilitas lain untuk pengunjung berupa toilet umum, parkir mobil, dan parkir motor yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung," terangnya.

Tidak hanya itu, pembangunan Utan Kemayoran juga meliputi sarana edukasi bagi pengunjung berupa penangkaran burung dan kupu-kupu yang dapat dipelajari oleh siswa-siswa sekolah.

Seluruh pembangunan Utan Kemayoran berupaya memenuhi tujuan rekreasi hutan untuk dapat dinikmati masyarakat perkotaan, edukasi untuk mengenalkan flora dan fauna, serta konservasi untuk pelestarian mangrove.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6345 seconds (0.1#10.140)