Gandeng iNews, Pemprov DKI Gelar Event Jakarta Langit Biru

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 17:09 WIB
Gandeng iNews, Pemprov DKI Gelar Event Jakarta Langit Biru
Gandeng iNews, Pemprov DKI Gelar Event Jakarta Langit Biru
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan iNews TV menggelar acara karnaval mobil listrik dengan tajuk 'Jakarta Langit Biru'. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Minggu 27 Oktober 2019 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah menjelaskan, kegiatan tersebut bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-74 dan Hari Sumpah Pemuda ke-91. Dan event ini akan mengkampanyekan penggunaan kendaraan bebas emisi.

"Karnaval Jakarta Langit Biru juga merupakan bagian dari acara persiapan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E pada 2020 mendatang. Formula E kan menggunakan kendaraan listrik," kata Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Jumat (25/10/2019)

Saefullah menuturkan, adapun rute karnaval mulai dari Patung Pemuda, Senayan, menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, dan kembali lagi. Nantinya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bakal membuka acara tersebut.

"Jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer dengan durasi 50 menit pulang pergi," tuturnya.(Baca: Jajal Mobil Listrik, Anies Konvoi Mobil Mewah bersama Pebalap Sean Gelael)

Menurut Saefullah, kegiatan ini merupakan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung event yang akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Tentunya ini juga sesuai dengan Instruksi Gubernur (Ingub) No 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

"Kegiatan ini juga sekaligus untuk mengkampanyekan, penggunaaan kendaraan berbasis energi ramah lingkungan dan menjaga agar Jakarta minus karbon," ujarnya.

Sementara itu, Direktur iNews TV, Rafael Utomo mengucapkan terima kasih atas kerja sama dalam rangka mewujudkan Jakarta Langit Biru."Kami dari iNews mensupport karena positif menjaga lingkungan hidup di Jakarta. Terima kasih banyak kami ucapkan kepada Pemprov DKI, Dishub, PLN, Polda Metro. Sekaligus mengundang masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menyukseskan Jakarta Langit Biru," ujar Rafael.

Untuk diketahui karnaval 'Jakarta Langit Biru' dimulai pada pukul 14.00-18.00 WIB mulai dari Patung Pemuda, Senayan, Jakarta Selatan menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat dan kembali lagi. Rencananya sebanyak 470 kendaraan listrik mulai dari sepeda, sepeda motor, mobil, bajaj dan bus listrik akan meramaikan acara tersebut.

Untuk mendukung kelancaran karnaval 'Jakarta Langit Biru', Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan berupa 200 orang petugas Dinas Perhubungan, 300 orang Satpol PP, 200 orang tenaga kebersihan, 4 ambulans dan 16 orang tenaga medis.

Kemudian, booth untuk screening, pemeriksaan kendaraan gratis, lima mobil pemadam kebakaran, bus toilet, lampu dekorasi taman panggung di Patung Pemuda. Serta enam orang regu comot dari Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan, tim tanjidor dan tarian penampilan kesenian betawi, serta 75 anak sekolah DKI Jakarta, 10 pasang Abang None dan UMKM binaan DKI Jakarta.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)