Mahasiswa Asing Pelajari Pelayanan Kesehatan Kota Depok

Selasa, 22 Oktober 2019 - 13:26 WIB
Mahasiswa Asing Pelajari Pelayanan Kesehatan Kota Depok
Mahasiswa Asing Pelajari Pelayanan Kesehatan Kota Depok
A A A
DEPOK - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Sukmajaya mendapatkan kunjungan dari lima mahasiswa asing jenjang sarjana (S-1), yang sedang melakukan pertukaran mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia (FKUI) Depok. Kunjungan tersebut guna mempelajari program dan pelayanan kesehatan di Kota Depok.

Dosen Pendamping Program Studi Banding FKUI, Indah Permata mengatakan kelima mahasiswa ini dibawa ke dua lokasi pelayanan kesehatan yang menjadi tempat praktik para mahasiswa FKUI. Yaitu UPT Puskesmas Kecamatan Sukmajaya dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Seroja RW 18 Kelurahan Mekarjaya.

“Tahun ini, atas rekomendasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, daerah yang menjadi binaan mahasiswa FKUI berlokasi di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. Jadi mereka kita bawa ke sini, karena semua aktivitas kampus akan dipusatkan di Sukmajaya,” katanya saat mendampingi para mahasiswa asing di Sukmajaya, belum lama ini.

Indah merinci, dari lima mahasiswa tersebut, tiga orang berasal dari Paracelsus Medical Private Universty-Salzburg yang akan mengikuti program studi banding selama dua minggu. Sisanya, dari Universitat Autonoma de Barcelona-Spanyol akan mengikuti pembelajaran di FKUI selama satu semester.

D tempat yang sama, Kepala UPT Puskesmas Sukmajaya, Sih Mahayanti menyambut baik kegiatan kunjungan mahasiswa asing tersebut. Dengan kunjungan ini, sambungnya, membuktikan pelayanan kesehatan di Kota Depok terus mengalami perbaikan.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya menjelaskan terkait manajemen dan jenis-jenis pelayanan kesehatan. Termasuk memperlihatkan sarana dan prasarana yang dimilik pihak Puskesmas seperti ruang perawatan, rawat inap dan rekam medik. “Saya berharap dengan kunjungan ini dapat memotivasi kinerja petugas kesehatan lebih baik lagi,” tutupnya.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4311 seconds (0.1#10.140)