Percepatan Uji Coba LRT Jabodebek Dinilai Hal Wajar

Selasa, 08 Oktober 2019 - 00:20 WIB
Percepatan Uji Coba LRT Jabodebek Dinilai Hal Wajar
Percepatan Uji Coba LRT Jabodebek Dinilai Hal Wajar
A A A
JAKARTA - Uji coba Light Rail Transit (LRT) Jabodebek koridor Cibubur-Cawang yang dilakukan pekan ini dinilai hal yang wajar meski baru beroperasi pada 2021. Uji coba merupakan sebuah percepatan operasi sambil menunggu ruas LRT yang lain.

Pengamat tata kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengatakan, percepatan uji coba LRT ini dimaksudkan agar segera beroperasi karena sudah menunggu beberapa ruas baru LRT yang akan dibangun sampai dengan 2024."LRT Jakarta ruas Kelapa Gading-Rawangun saja yang sudah diujicobakan dan dievaluasi awal, jumlah penumpang justru menurun. Jadi meskipun beroperasi 2021, uji coba LRT koridor Cibubur-Cawang adalah hal wajar," kata Nirwono saat dihubungi, Senin, 7 Oktober 2019 kemarin.

Menurut Nirwono, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar LRT diminati di antaranya, rencana penataan dan pengembangan stasiun-stasiun LRT nanti akan dijadikan apa. Sebab itu akan menjadi daya tarik penumpang LRT sepi atau ramai nantinya. (Baca: LRT Jabodebek Ruas Cawang-Cibubur Siap Diuji Coba)

Kedua, integrasi LRT dengan angkutan umum lain yang harus disiapkan dari sekarang untuk menarik penumpang dan memudahkan perpindahan ke angkutan lain."Kepastian harga tiket juga akan menentukan. Jika terlalu mahal tidak akan banyak yang mau naik," ucapnya.

Berdasarkan pantauan, LRT Jabodebek ruas Cawang-Bekasi sudah hampir terpasangi box grider. Sehingga semuanya sudah menyambung. Pembangunan hanya terlihat dibagian stasiun.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6476 seconds (0.1#10.140)