Sudah Miliki Kamera Analitik Kecepatan, Penerapan ETLE di Tol Lebih Mudah

Senin, 23 September 2019 - 23:20 WIB
Sudah Miliki Kamera Analitik Kecepatan, Penerapan ETLE di Tol Lebih Mudah
Sudah Miliki Kamera Analitik Kecepatan, Penerapan ETLE di Tol Lebih Mudah
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung penuh penerapan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah jalan tol milik Jasa Marga. ETLE merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas berbasis teknologi informasi yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera yang dapat mendeteksi pelanggaran lalu lintas.

Direktur Operasi PT Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan, saat ini Jasa Marga telah memiliki kamera analitik kecepatan (speed camera) sehingga penerapan ETLE di jalan tol relatif jauh lebih mudah.

“ETLE akan diimplementasikan di jalan tol wilayah Jabodetabek. Saat ini kami sedang mempersiapkan ETLE di delapan titik yang tersebar di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Cikampek, Jagorawi, dan JORR non-S," kata Subakti lewat keterangan persnya, Senin (23/9/2019).

Subakti menjelaskan, untuk mempermudah sosialisasi kepada pengguna jalan, Jasa Marga juga akan mempersiapkan rambu-rambu yang mengindikasikan di wilayah jalan tol tersebut telah dipasang speed camera. (Baca: Jalan Tol Akan Dipasang Kamera ETLE, Ini 10 Titik Lokasi Pemasangannya)

"Nantinya akan ada rambu-rambu sehingga pengguna jalan juga dapat menerima informasi dengan baik. Saat ini semuanya masih dalam proses integrasi antara speed camera milik Jasa Marga dan sistem ETLE Polda Metro Jaya. Ditargetkan awal bulan depan sudah bisa diluncurkan secara resmi," ujarnya.

Subakti menambahkan, speed camera akan memotret kendaaraan yang melebihi ketentuan batas kecepatan di ruas jalan tol yang diberlakukan ETLE."Lalu data hasil capture speed camera di Jasa Marga secara otomatis terintegrasi dengan database di Polda Metro Jaya untuk kemudian diproses lanjut sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3075 seconds (0.1#10.140)