Dinas LH: Kantong Kresek Kurang Bersih untuk Wadah Daging Kurban

Rabu, 31 Juli 2019 - 20:44 WIB
Dinas LH: Kantong Kresek Kurang Bersih untuk Wadah Daging Kurban
Dinas LH: Kantong Kresek Kurang Bersih untuk Wadah Daging Kurban
A A A
JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan penggunaan kantong kresek sebagai wadah daging kurban kurang baik. Pasalnya, kantong kresek bukan untuk digunakan dalam membungkus makanan.

"Kantong kresek itu kan peruntukkannya memang bukan untuk makanan apalagi daging basah," ungkap Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Rahmawati saat ditemui di kantornya, Rabu (31/7/2019).

Dia mengatakan, setidaknya ada beberapa jenis dari kantong plastik dan penggunaannya pun berbeda-beda, ada yang diperuntukkan sebagai pembungkus bahan makanan mulai dari buah-buahan, hingga daging. "Pakainya kantong bening yang putih, yang biasanya dipakai kalau kita mau beli buah di swalayan," katanya.

Rahmawati menuturkan, larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai saat membagikan daging kurban sangat tepat, karena untuk menjaga kebersihan dagung kurban setelah dipotong.( Baca: Gantikan Plastik, DKI Siapkan 20 Ribu Besek Bambu Buatan Perajin Lokal )

"Kami ingin masyarakat sama-sama mengerti, agar terhindar dari dampak partikel yang terkandung. Kemudian semua pihak diharapkan ambil bagian agar pelaksanaan kurban sesuai syariat islam, dagingnya higienis dan sampah tidak banyak," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tidak membungkus daging kurban menggunakan kantong plastik sekali pakai.
"Terkait dengan penyelenggaraan Idul Adha untuk menggunakan pembungkus tidak dari plastik yang sekali pakai, tapi menggunakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang," ucap Anies.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5603 seconds (0.1#10.140)