Minta Kejelasan Nasib, Imigran Pencari Suaka Geruduk Kantor UNHCR

Selasa, 30 Juli 2019 - 19:41 WIB
Minta Kejelasan Nasib, Imigran Pencari Suaka Geruduk Kantor UNHCR
Minta Kejelasan Nasib, Imigran Pencari Suaka Geruduk Kantor UNHCR
A A A
JAKARTA - Sejumlah imigran pencari suaka kembali berunjuk rasa di Gedung United High Nations Commmissioner for Refugees (UNHCR) di Jakarta. Para pencari suaka kali ini berbeda dengan yang sebelumnya direlokasi ke tempat penampungan sementara di Kalideres, Jakarta Barat.

Sodiqh (27), imigran asal Afghanistan menjelaskan kenapa tidak ikut ke kawasan pengungsi tersebut."Saya tidak ikut, karena mereka (pencari suaka yang direlokasi di Kalideres) tidak bisa bayar untuk makan atau apa," kata Sodiqh Selasa (30/7/2019).

Dia menuturkan, para pencari suaka ini menuntut akan kepastian nasib mereka kepada UNHCR setelah bersinggah di Indonesia sejak 2013 silam. Kebanyakan dari mereka telah terdaftar sebagai penerima suaka dari UNHCR untuk dipindahkan ke negara yang ditujunya.

"Semua lebih dari lima tahun, Saya sudah berada di sini selama enam tahun, kita tidak bisa mencari kerja, karena susah sekali. Jadi, kita meminta UNHCR untuk bertanggung jawab," tegasnya.

Sebagai informasi awal Juni lalu kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, sempat dijadikan tempat bermukim oleh ratusan para pencari suaka yang berasal dari negara-negara konflik seperti, Afghanistan, Sudan, Somalia, dan Yaman. Kemudian ratusan imigran tersebut dipindahkan ke penampungan sementara di Kalideres, Jakarta Barat setelah Pemprov DKI melangsungkan hasil pertemuan dengan pihak UNHCR.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4851 seconds (0.1#10.140)