Survei KKI: Empat Angkutan Umum Ini Jadi Primadona Kaum Urban

Selasa, 30 Juli 2019 - 17:06 WIB
Survei KKI: Empat Angkutan...
Survei KKI: Empat Angkutan Umum Ini Jadi Primadona Kaum Urban
A A A
JAKARTA - Belum lama ini Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) melakukan survei bertajuk 'Preferensi Konsumen terhadap Layanan Moda Transportasi Darat Urban di Indonesia.' Ada empat moda transportasi yang digandrungi warga urban di Jakarta, dua lainnya merupakan angkutan umum berbasis online.

Ketua Komunitas Konsumen Indonesia David Tobing mengatakan, ada empat faktor penting yang menjadi alasan konsumen memilih moda transportasi. Empat faktor tersebut adalah keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan keterjangkauan.

"Tanpa layanan transportasi yang layak, masyarakat akan tetap menggunakan kendaraan pribadi yang berkontribusi pada tingginya tingkat kemacetan di perkotaan," katanya melalui siaran persnya, Selasa (30/7/2019).

Berdasar hasil survei KKI ditemukan bahwa ada empat moda transportasi yang menjadi pilihan konsumen, yaitu ojek online, taksi online, bus Transjakarta dan KRL.

David mengungkapkan, dari hasil survei yang kami lakukan, 99,7% responden mengaku pernah atau bahkan sering menggunakan jasa transportasi online, seperti taksi dan ojek online. "Kalau soal aplikasi mana yang digunakan, konsumen memilih yang paling aman," katanya.

Sedangkan, KRL dan bus Transjakarta dipilih responden dikarenakan kemampuannya dalam memenuhi aspek keselamatan dan keamanan konsumen selain juga dapat diandalkan untuk ketepatan waktu layanannya.

Khusus KRL, kebijakan pemerintah untuk membangun moda transportasi yang terintegrasi dengan transportasi publik lainnya menjadikan KRL sebagai salah satu moda transportasi yang cukup populer digunakan oleh konsumen.

Survei yang bertajuk “Preferensi Konsumen terhadap Layanan Moda Transportasi Darat Urban di Indonesia ini dilakukan selama periode Februari - April 2019 dengan melibatkan 625 responden yang berada di 15 Kabupaten/Kota di 6 Provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Bali, Sumatera Barat, Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan menggunakan teknik random sampling.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)