BPTJ Inventarisir Masalah Perlintasan Sebidang di Jabodetabek

Jum'at, 26 Juli 2019 - 21:47 WIB
BPTJ Inventarisir Masalah Perlintasan Sebidang di Jabodetabek
BPTJ Inventarisir Masalah Perlintasan Sebidang di Jabodetabek
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tengan melakukan inventarisasi dan pemetaan permasalahan perlintasan sebidang secara menyeluruh. Ini dilakukan dalam rangka penanganan permasalahan secara komprehensif dalam lingkup wilayah Jabodetabek.

"Langkah ini akan melibatkan semua pemerintah provinsi, kota dan kabupaten se-Jabodetabek yang nantinya akan dilanjutkan dengan penyusunan basic design penataan perlintasan sebidang di Jabodetabek," ungkap Direktur Prasarana BPTJ, Edi Nursalam pada Jumat (26/7/2019).

Edi menerangkan, permasalahan perlintasan sebidang sebenarnya merupakan salah satu isu nasional terkait dengan keselamatan bertransportasi. Pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sejauh ini dalam skala nasional sudah melakukan berbagai langkah berkesinambungan baik sifatnya sosialisasi, penegakan hukum maupun pembangunan fisik guna mengurangi keberadaan perlintasan sebidang.

Dalam lingkup Jabodetabek, dengan keberadaan BPTJ pelaksanaan tugas dan fungsi menyangkut hal tersebut dilakukan oleh BPTJ. Penanganan permasalahan perlintasan sebidang di Jabodetabek memiliki peran yang strategis dan telah diamanatkan dalam Perpres No. 55/2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).

"Permasalahan perlintasan sebidang tidak hanya menghambat kelancaran lalu lintas jalan, namun lebih dari itu menyangkut masalah keselamatan bertransportasi. Sudah sangat sering terjadi kecelakaan akibat kendaraan menerobos perlintasan sebidang dan ditabrak kereta api sehingga menimbulkan kematian dan kerugian yang tidak sedikit," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6494 seconds (0.1#10.140)