Hari Anak Nasional, KAI Edukasi Ratusan Siswa SD di Stasiun Bogor

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:10 WIB
Hari Anak Nasional, KAI Edukasi Ratusan Siswa SD di Stasiun Bogor
Hari Anak Nasional, KAI Edukasi Ratusan Siswa SD di Stasiun Bogor
A A A
BOGOR - Sebagai wujud kepedulian di Hari Anak Nasional (HAN) 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menerapkan aturan Rp0 untuk anak di bawah tiga tahun (Batita) yang dipangku oleh orang tua atau tidak membeli seat.

Hal tersebut diungkapkan Executive Vice President Daop 1 Jakarta, R Dadan Rudiansyah dalam peringatan HAN di Stasiun Bogor, Selasa (23/7/2019). Menurutnya, penerapan aturan ini dimaksudkan untuk menjamin asuransi perjalanan mereka.

"Jadi walaupun tidak membeli seat alias dipangku selama perjalanan dengan KA, penumpang anak tetap harus bertiket. Tiketnya Rp0 dan dapat diminta di petugas loket sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orangtuanya," kata Dadan.

Dia menambahkan PT KAI sebagai jasa penyedia transportasi selama ini juga telah berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak. Selain tiket nol rupiah bagi penumpang anak usia 0-3, pihaknya juga selalu mengutamakan serta melindungi keselamatan penumpang, termasuk anak-anak.

"Ini merupakan bentuk nyata implementasi perlindungan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang dapat dilakukan oleh PT KAI. Hal ini sejalan dengan peringatan HAN tahun ini yang mengusung tema, "Kita Anak Indonesia, Kita Gembira", di mana sangat diperlukan upaya perlindungan yang dapat menjamin sekaligus menjadi pegangan hidup anak agar mereka dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal," jelasnya.
Hari Anak Nasional, KAI Edukasi Ratusan Siswa SD di Stasiun Bogor
Selain itu, untuk kenyamanan pengguna jasa, khususnya penumpang anak, PT KAI juga telah memasang penyejuk udara di semua KA. "Jadi anak anak akan tetap merasa nyaman, tidak kepanasan sepanjang perjalanan. PT KAI kami juga menyediakan fasilitas ramah anak di stasiun seperti ruang menyusui yang bisa dipakai untuk mengganti popok dan area bermain anak," ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan guna menyemarakan HAN 2019 pihaknya mengadakan rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Stasiun Bogor, Selasa (23/7/2019).

"Jadi pada peringatan HAN 2019 ini kita mengundang 100 orang siswa dari SDN 4 Cicurug beserta beberapa guru pendamping untuk ikut dalam perjalanan KA Pangrango relasi Cicurug Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Cicurug pada pukul 07.57 WIB," ungkapnya.

Menurutnya, dalam perjalanan menuju Stasiun Bogor, para peserta juga akan mendapatkan edukasi mengenai perkeretaapian, seperti cara pembelian tiket KA, sosialisasi keselamatan dalam menggunakan kereta api, serta pengenalan profesi-profesi yang ada di PT KAI.

"Di sini kami mengenalkan moda transportasi kereta api dan bagaimana cara bertransportasi yang baik menggunakan kereta api kepada anak-anak tersebut. Disamping itu, juga akan dikenalkan kepada mereka mengenai pofesi-profesi kru KA yang bertugas menjalankan kereta api," katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan selain untuk menyemarakkan peringatan HAN 2019, kegiatan yang melibatkan ratusan siswa SDN ini juga sebagai wujud kepedulian PT KAI akan pemenuhan hak dan kebutuhan anak-anak dalam memperoleh pendidikan.

"Selain di Stasiun Cicurug dan Stasiun Bogor, peringatan HAN 2019 juga dilaksanakan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Untuk menghibur anak-anak yang ada di sejumlah stasiun tersebut, PT KAI Daop 1 lakarta juga menghadirkan karakter superhero yang familiar dengan anak anak, serta memberikan bingkisan menarik untuk penumpang anak," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6121 seconds (0.1#10.140)