Idul Fitri, 2 Napi Lapas Cibinong Hirup Udara Bebas

Rabu, 05 Juni 2019 - 17:06 WIB
Idul Fitri, 2 Napi Lapas Cibinong Hirup Udara Bebas
Idul Fitri, 2 Napi Lapas Cibinong Hirup Udara Bebas
A A A
CIBINONG - Gema takbir berkumandang di Hari Raya nan fitri, hari yang dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia setelah selama sebulan penuh beribadah puasa di bulan Ramadhan.

Tak ketinggalan di Lapas Cibinong, suasana gempita takbir sejak malam hingga pagi hari terus dikumandangkan sejumlah narapidana secara bergantian. Hari ini, Rabu,(5/6/2019) 05 Juni 2019 Lapas Cibinong menggelar Salat Ied berjamaah bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Sebelum pukul 07.00 WIB WBP beragama muslim sudah berjalan dengan tertib dari blok nya masing-masing menuju Masjid At-Taubah Lapas Cibinong untuk melaksanakan Salat Idul Fitri yang dipimpin oleh Ustad Dr. Awang Darmawan dari Dewan Dakwah Islam Kabupaten Bogor.

Setelah rangkaian Salat Ied selesai, acara pun dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI oleh Kalapas Cibinong sekaligus pemberian Remisi Khusus kepada WBP. Dari 1.481 orang WBP Lapas Cibinong, sebanyak 905 orang WBP mendapatkan pengurangan masa pidana (RK I), sedangkan 2 orang narapidana langsung bebas pada hari itu juga karena mendapatkan RK II, sehingga total narapidana yg mendapatkan remisi adalah 907 orang.

Besaran perolehan remisi yang diberikan pun bervariasi antara 15 hari sampai dengan 2 bulan. Selain itu, pada hari ini Lapas Cibinong juga akan mengeluarkan 8 orang narapidana lainnya karena mendapatkan program integrasi sosial (PB/CB).

Pada hari ini juga Lapas Cibinong membuka pintu kunjungan bagi keluarga dan kerabat WBP agar mereka dapat saling bersilaturahmi di hari yang penuh berkah selama 4 hari non stop. Sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB, petugas dengan ramah dan sabar melayani keluarga WBP mulai dari proses pendaftaran, penggeledahan, dan kunjungan sampai dengan selesai.

"Kami sangat senang bisa melihat kebahagiaan WBP dan keluarga seperti sekarang. Semoga ini menjadi semangat bagi kami untuk terus melayani mereka dengan sepenuh hati. Dan juga menjadi motivasi bagi WBP untuk selalu berbuat kebaikan, lebih disiplin, lebih produktif dan lebih optimis selama menjalani masa pidana," ungkap Agung Krisna, Kalapas Cibinong.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6980 seconds (0.1#10.140)