Global Wakaf ACT Luncurkan Warung Wakaf Mobile

Jum'at, 24 Mei 2019 - 20:36 WIB
Global Wakaf ACT Luncurkan Warung Wakaf Mobile
Global Wakaf ACT Luncurkan Warung Wakaf Mobile
A A A
JAKARTA - Global Wakaf ACT meluncurkan Warung Wakaf Mobile yang lebih inovatif di sela-sela acara Hijrah Fest di Hall A, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019). Warung itu berupa gerai berjalan berbasis wakaf dalam bentuk mobil toko.

Presiden Global Wakaf, Imam Akbari, mengatakan, Warung Wakaf Mobile ini merupakan sebuah terobosan pemanfaatan wakaf uang dalam bentuk aset warung berjalan. Terobosan ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi dan edukasi konsep wakaf produktif yang efektif ke khalayak luas.

"Selain itu, Warung Wakaf Mobile juga merupakan kombinasi wakaf dan ekonomi produktif yang terdiri dari beberapa unsur kekinian, seperti lifestyle, teknologi, dan mobilitas," ujarnya kepada wartawan.

Warung Wakaf Mobile tetap menerapkan beberapa hal idealis, seperti tidak menjual produk rokok, minuman keras, dan alat kontrasepsi. Hasil dari pengelolaan Warung Wakaf Mobile nantinya akan diberikan kepada para maukuf alaih atau penerima manfaat, baik masyarakat prasejahtera, korban bencana dan masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan dasar kehidupan.

Selain itu, sebagian hasil juga disisihkan untuk pengembangan program Warung Wakaf Mobile itu sendiri. "Alasan itu yang membuat kami ingin jadi yang terdepan dalam menebarkan serta menyebarkan pengetahuan tentang wakaf secara lebih massif. Selain itu, kami ingin mengibarkan juga mengobarkan spirit wakaf kepada masyarakat melalui Warung Wakaf Mobile ini," tuturnya.

Dia berharap masyarakat semakin mudah memahami konsep wakaf produktif, dan semakin tergerak untuk berpartisipasi agar kemanfaatan ini semakin meluas. "Ke depannya, kami juga akan berusaha menyerap produk UMKM lebih banyak yang memenuhi standar kehalalan dan kesehatan sesuai aturan dan keinginan pasar yang terus berkembang," terangnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Global Wakaf Corporation, Syahru Aryansyah, mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki Global Wakaf, Warung Wakaf telah berkembang cukup pesat. Jumlah warung tersebut tidak kurang dari 147 titik yang tersebar di 5 provinsi dan 30 kota serta kabupaten.

Adapun Warung Wakaf Mobile akan melengkapi Warung Wakaf yang sudah ada dapat memberikan keuntungan dengan mobilitasnya yang dapat menjangkau dan berpindah ke area-area tertentu. Nantinya, Warung Wakaf Mobile ini akan beroperasi di tempat-tempat publik, misalnya sekolah, gedung perkantoran, atau masjid-masjid.

"Harapannya dengan begitu, tujuan kami untuk menyebarkan pengetahuan tentang wakaf produktif semakin efektif dan luas. Warung Wakaf Mobile akan berkeliling di sekitar Jabodetabek untuk permulaan ini, " jelasnya.

Dia menambahkan, hadirnya Warung Wakaf Mobile di Indonesia menjadi salah satu sarana pertama di Indonesia dalam mengenalkan makna wakaf secara massif serta menyebarkan wakaf tunai terbaik langsung ke daerah-daerah yang membutuhkan hingga manfaat-manfaat wakaf lainnya.

"Untuk saat ini coverage area Warung Wakaf Mobile masih di Jabodetabek, selanjutnya kami rencanakan Warung Wakaf Mobile ini akan segera dilakukan penambahan armada untuk bisa menjangkau daerah-daerah yang lebih luas lagi di seluruh Indonesia," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3896 seconds (0.1#10.140)