Peringati Hardiknas, Anies Baswedan: Jaga Persatuan dan Persaudaraan

Kamis, 02 Mei 2019 - 10:37 WIB
Peringati Hardiknas, Anies Baswedan: Jaga Persatuan dan Persaudaraan
Peringati Hardiknas, Anies Baswedan: Jaga Persatuan dan Persaudaraan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakart a memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019). Kardiknas 2019 bertema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan".

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Dalam kesempatan ini, Anies menyampaikan pesan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pendidikan di balik Pemilu 2019.
Peringati Hardiknas, Anies Baswedan: Jaga Persatuan dan Persaudaraan
"Indonesia telah melewati puncak Demokrasi dalam pemilihan umum serentak dan prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir, jika dilihat dari sudut pandang pendidikan, dalam pemilihan umum harus ada proses pembelajaran bagi seluruh rakyat Indonesia, proses belajar pada hakikatnya adalah momentum perubahan tingkah laku menuju kedewasaan (dalam berdemokrasi)," ucap Anies dalam menyampaikan pidato Kemendidbud, di Silang Monas Selatan, Kamis (2/5/2019).

Terbentuknya negara demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia. Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, Pasal 13.

"Tujuan pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab," ucap Anies.

Pada Hardiknas ini, merupakan tanggung jawab tenaga pendidik dalam menjaga aset vital bangsa yang tidak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan dan persatuan. (Baca Juga: Momentum Hardiknas dan Milenial
"Dalam upaya membangun sumber daya manusia, perspektif kemendikbud menekankan dua penguatan yaitu, pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja," kata Anies dalam menyampaikan pidato dari Kemendikbud.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5863 seconds (0.1#10.140)