Tinjau Titik Banjir di Pancoran, Anies: Penyebabnya Pilar LRT

Kamis, 04 April 2019 - 10:30 WIB
Tinjau Titik Banjir di Pancoran, Anies: Penyebabnya Pilar LRT
Tinjau Titik Banjir di Pancoran, Anies: Penyebabnya Pilar LRT
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau titik sumbatan yang menyebabkan banjir di kawasan Flyover Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019) pagi. Dalam inspeksinya itu Anies menemukan penyebab kawasan Pancoran kerap mengalami banjir.

"Saya menginspeksi lokasi-lokasi yang menjadi tempat pembangunan yang menutup saluran air sehingga ketika hujan deras dengan volume besar seperti kemarin lalu terjadi genangan yang cukup lama," ujar Anies di lokasi, Kamis (4/4/2019).

Menurut Anies, banjir di kawasan Pancoran disebabkan saluran-saluran air di Flyover Pancoran dihadang oleh proyek pembangunan pilar Lintas Rel Terpadu (LRT).

Seharusnya, kata Anies, pihak kontraktor pembangunan LRT Pancoran menyiapkan pompa-pompa untuk mengaliri air dari tempat yang terhalang pilar ke saluran air lainnya yang tidak tertutup tiang.

"Saluran itu terpotong-potong oleh pilar lalu dibawahnya ada tudung pilar lalu ada tiang pancang itu volumenya besar, harusnya mereka menyiapkan pompa," jelasnya.

Dari pengakuan kontraktor LRT di kawasan itu, mereka sudah menyiapkan pompa mobile. Namun, kata Anies, pompa mobile itu tidak menyelesaikan masalah. Mestinya di kawasan pembangunan LRT itu dipasang pompa permanen.

"Kalau pompanya permanen pasti dia begitu ada aliran genangan air langsung bergerak. Kalau sudah pompanya mobile maka pasti terlambat dan itu yang terjadi sekarang," pungkas Anies.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8623 seconds (0.1#10.140)