JakLingko Angkut 5 Juta Penumpang

Sabtu, 01 Desember 2018 - 15:03 WIB
JakLingko Angkut 5 Juta...
JakLingko Angkut 5 Juta Penumpang
A A A
JAKARTA - Program JakLingko yang diluncurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminati warga Ibu Kota. Tercatat sebanyak 5 juta penumpang telah menggunakan angkutan yang tergabung dalam program tersebut.

Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengatakan, rata-rata setiap hari 50-60 ribu warga menggunakan angkutan ini. Ada pun rekor tertinggi JakLingko dalam sehari pernah mengangkut 68.404 penumpang.

Pencapaian tersebut, dikatakan Agung sebagai bukti bukti program JakLingko diminati dan dibutuhkan Jakarta. Setidaknya untuk memudahkan mereka mengakses Transjakarta melalui angkutan kota (angkot) kecil.

Agung mengatakan hal itu sangatlah wajar. Pasalnya dengan menggunakan angkutan yang tergabung dalam JakLingko, penumpang cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 untuk sekali perjalanan hingga sampai tujuan.

“Warga menikmati program ini, karena dalam waktu tiga jam, mereka bisa ke mana saja hanya dengan membayar Rp5.000 saja,” kata Agung Wicaksono.

Adapun saat ini ditambahkan Agung, kartu JakLingko yang sebelumnya bernama OK Otrip sudah terjual sudah sebanyak 96.622 kartu.

Untuk tahap awal, program ini baru melakukan integrasi antara Transjakarta dengan angkutan kota (angkot) dan bus kecil saja. Namun ke depan, JakLingko akan dikembangkan untuk mengintegrasikan antarmoda transportasi yang ada di Jakarta.

Seperti kereta ringan cepat (light rail transit/LRT) dan Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit/MRT).

“Untuk tahap awal JakLingko merupakan integrasi TransJakarta dengan angkutan kota dan bus kecil. Tapi saat LRT dan MRT beroperasi, semua akan terintegrasi menjadi satu. Termasuk commuter line,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, saatini ada 11 Operator Bus Kecil yang bergabung dengan armada sebanyak 484 angkot. Seluruh, angkot yang bergabung dengan JakLingko memiliki standar layanan yang sama dengan Bus TransJakarta. Karena itulah, secara bertahap akan dipasangi AC.

“Kami ingin memberikan kenyamanan kepada pelanggan JakLingko. Menggunakan angkot senyaman naik TransJakarta,” ungkapnya.

Diungkapkannya, sudah ada 11 operator yang tergabung dalam program JakLingko. Yakni Budi Luhur, Koperasi Wahana Kalpika, Lestari Sukma Gema Persada, Puskopau Halim Perdana Kusuma, Kompamilet Jaya, Komilet Jaya, Komika Jaya, Kolamas Jaya, Purimas Jaya, Kojang Jaya dan PT Kencana Sakti Transport.

Berikut ini 33 rute yang telah dilayani JakLingko adalah

OK 1 : TanjungPriok-Plumpang
OK 2 : KpMelayu-Duren Sawit
OK 3 : LebakBulus-PondokLabu
OK 4 : Grogol-TubagusAngke
OK 5 : Semper-Rorotan
OK 6 : Kp Rambutan-PondokGede
OK 7 : Grogol-Tanah Abang
OK 8 : Roxy-BendunganHilir
OK 9 : Roxymas-Karet
OK 10 : Tanah Abang-Kota
OK 11 : Tanah Abang-Kemayoran
OK 12 : Tanah Abang-Kebayoran Lama
OK 13 : Tanah Abang-Jembatan Lima
OK 14 : Tanah Abang-MeruyaIlir
OK 15 : TanjungPriok-BulakTuri
OK 16 : PGC-Condet
OK 17 : Terminal Senen-Terminal Pulogadung
OK 18 : Pasar Minggu-Manggarai
OK 19 : Pinang Ranti-Setu
OK 20 : Korosono-Cipinang Permata
OK 21 : Maphilindo-DewiSartika
OK 22 : Dwikora Raya-Pandjaitan
OK 23 : Senen-Kampung Melayu
OK 24 : Senen-Pulogadung
OK 25 : Kalisari-Pasar Rebo
OK 26 : Kalimalang-Rawamangun
OK 27 : Pulogadung-Rorotan
OK 28 : Pasar Rebo-Taman Wiladatika
OK 29 : Semper-TanjungPriok
OK 30 : Meruya-Citraland
OK 31 : PondokLabu-Blok M
OK 32 : LebakBulus-Petukangan Utara
OK 33 : Pulogadung-Kota
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)