Tutup Kirab Pemuda, Menpora Minta Sebarkan Virus Bhinneka Tunggal Ika

Jum'at, 16 November 2018 - 00:06 WIB
Tutup Kirab Pemuda, Menpora Minta Sebarkan Virus Bhinneka Tunggal Ika
Tutup Kirab Pemuda, Menpora Minta Sebarkan Virus Bhinneka Tunggal Ika
A A A
JAKARTA - Kirab Pemuda 2018 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ditutup oleh Menpora Imam Nahrawi di GOR Rawamangun, Jakarta Timur. Imam berharap seluruh pemuda Indonesia dapat menyebarkan virus Bhinneka Tunggal Ika.
Sebanyak 90 pemuda-pemudi berpakaian cokelat-cokelat yang mewakili 34 provinsi di Indonesia hadir dalam puncak acara Kirab Pemuda di Lapangan Atletik, GOR Rawamangun, Jakarta Timur.
Sebelum acara dimulai, Imam Nahrawi sempat meninjau venue baseball yang pada Agustus lalu jadi saksi perjuangan atlet-atlet Indonesia di ajang Asian Games 2018.
Usai mengunjungi venue, Imam menuju lokasi Kirab Pemuda 2018. Kirab Pemuda adalah kegiatan kedua yang dilaksanakan oleh Kemenpora. Pada pelaksanaan 2017 lalu, terpilih 73 pemuda-pemudi.
Adapun pada 2018 ini jumlahnya naik menjadi 90 peserta. Mereka terbagi dalam dua zona untuk keliling Indonesia. Selama itu mereka merekam, mempelajari, dan mengaplikasikan konsep persatuan Indonesia sebagaimana sesuai dengan slogan kegiatan Kirab Pemuda: "Berani Bersatu".
"Bentangan dari Sabang sampai Merauke adalah anugerah Allah SWT yang harus kita jaga. Untuk itu, sebarkan virus Bhineka Tunggal Ika," ungkap Imam Nahrawi kepada seluruh peserta Kirab Pemuda 2018 pada Kamis, 15 November 2018 kemarin.
Imam berharap agar pengalaman para pemuda selama ini dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sosial. Salah satu yang paling konkret adalah menjadi garda terdepan persatuan Indonesia. Sebagaimana semboyan negara yakni Bhineka Tunggal Ika yang bermakna walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Selain itu, Menpora juga ingin agar para alumni Kirab Pemuda dapat mandiri dan independen secara program. Artinya menciptakan kegiatan-kegiatan positif yang bertujuan untuk pembangunan Indonesia tetapi tidak bergantung kepada dana APBN.

Para alumni Kirab Pemuda ditantang untuk menggaet sponsor, berkolaborasi dengan pihak lain demi membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3585 seconds (0.1#10.140)