Terungkap, Penunjuk Kecepatan Lion Air JT-610 Rusak Sebelum Jatuh

Senin, 05 November 2018 - 21:42 WIB
Terungkap, Penunjuk Kecepatan Lion Air JT-610 Rusak Sebelum Jatuh
Terungkap, Penunjuk Kecepatan Lion Air JT-610 Rusak Sebelum Jatuh
A A A
JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah berhasi mengunduh data dari Flight Data Recorder (FDR) kotak hitam Lion Air JT-610. Dari FDR ini diketahui ada kerusakan pada bagian penunjuk kecepatan pesawat.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan, dari data FDR yang telah ditemukan diketahui ada kerusakan pada bagian penunjuk kecepatan pesawat.
"Ditemukan kerusakan pada penunjuk kecepatan di pesawat. Istilahnya air speed indicator," kata Soerjanto di kantornya, Senin (5/11/2018).

Dia menuturkan, kerusakan tersebut terjadi pada saat pesawat sebelum jatuh. Namun, Soerjanto belum dapat memastikan apakah hal itu menjadi penyebab jatuhnya pesawat atau bukan,. "Sebelum ada data faktual, kami enggak bisa duga-duga. Kami hanya bisa bicara fakta," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sub Komite Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo menambahkan, hingga kini masih menyelidiki apakah pilot melakukan perbaikan terhadap penunjuk kecepatan pesawat sebelum take off dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pangkal Pinang.

"Tadi malam tim membuat kumpulan parameter, analisa pengajian data yang dikumpulkan, ada kerusakan dibagian air speed indicator. Bagaimana apa ada perbaikan dari pilot yang menerbangkan saat kerusakan ini terjadi atau tidak," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0587 seconds (0.1#10.140)