50 Penyelam Cari Badan Pesawat Lion Air JT-610

Selasa, 30 Oktober 2018 - 16:29 WIB
50 Penyelam Cari Badan Pesawat Lion Air JT-610
50 Penyelam Cari Badan Pesawat Lion Air JT-610
A A A
JAKARTA - Tim gabungan hingga kini masih melakukan pencarian badan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Pencarian dilakukan baik melalui udara maupun laut.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Didi Hamzar mengatakan, pencarian itu dilakukan dengan penyisiran di perairan Karawang, Jawa Barat yang mana dilakukan lebih dari 35 unsur laut, seperti Kapal SAR, KRI, dan KNP. Adapun lada Selasa (30/10/2018) ini, ada 13 prioritas area pencarian.

"Pencarian dengan sistem sonar untuk mendeteksi di bawah air ada empat area. Lalu, penyisiran dengan pembagian area menggunakan kapal dan penyelaman, dan unsur udara pun dikerahkan," kata Didid pada wartawan, Selasa (30/10/2018).

Menurut Didi, pencarian dilakukan melalui kapal sonar, speedboat, dan penyelam dari berbagai unsur gabungan. Pencarian pun dilakukan dengan memperluas area tanpa meninggalkan area sebelumnya."Untuk penyelaman kurang lebih ada sebanyak 50 penyelam," tuturnya.

Dia menambahkan, alasan perluasan area pencarian itu karena kemungkinan objek pencarian bergerak yang mana dipengaruhi angin, arus, dan suhu laut, apalagi di permukaan air. Namun, pergerakan itu sudah diperhitungkan sehingga pencarian bisa dilakukan.

"Pengerahan unsur disesuaikan dengan efektivitas dengan metode pencarian yang dipakai dan berpedoman pada perhitungan rasional yang mengacu pada informasi yang kita dapatkan," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6581 seconds (0.1#10.140)