Penampakan Hiu Paus Tutul di Kepulauan Seribu Bikin Takjub

Minggu, 28 Oktober 2018 - 10:48 WIB
Penampakan Hiu Paus...
Penampakan Hiu Paus Tutul di Kepulauan Seribu Bikin Takjub
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji menyampaikan bahwa di sekitar Kepulauan Seribu muncul hiu paus tutul. Ikan itu muncul di sekitar Pulau Onrust.

"Video penampakan hiu paus tutul di dekat Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Kiriman Foto Sudin LH Kep Seribu," tulis Isnawa di akun Instagramnya, Sabtu 27 Oktober 2018.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman mengatakan penemuan ikan yang termasuk salah satu jenis hiu tersebut menandakan ekosistem laut di Kepulauan Seribu dalam kondisi baik.

"Pulau Kelor dan Pulau Onrust itu tidak jauh dari Jakarta, tandanya laut di sana itu bagus," kata Yusen.

Kemunculan hiu tersebut pertama kali terlihat anggota pasukan oranye pada Kamis (25/10) di sekitar pulau Kelor sebanyak dua ekor. Setelah itu, satu ekor Hiu Paus kembali terlihat di sekitar pulau Onrust pada Sabtu (27/10).

Pasukan oranye yang melihat ikan yang panjangnya mencapai 10 meter tersebut langsung merekamnya dengan kamera ponsel sebagai kenang-kenangan. Hal itu disebabkan, tidak ada waktu pasti kapan ikan itu muncul di perairan Kepulauan Seribu.

Yusen menyampaikan, dalam dua tahun terakhir sudah ada lima laporan terkait penemuan hiu paus yang muncul di permukaan laut. "Bisa jadi lebih dari itu ikannya muncul di permukaan, cuma enggak kelihatan sama manusia saja," lanjutnya.

Kendati ikan tersebut termasuk hewan liar, ikan dengan nama latin Rhincodon Typus bukan hewan buas. Hiu tersebut hanya memakan plankton dan ikan-ikan kecil.

"Tapi, kalau melihat ikan itu sebaiknya cukup dilihat saja enggak perlu disentuh," imbau Yusen.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)