TMMD ke 103, Ratusan Warga Dapat Akta Kelahiran dan Kursi Roda

Senin, 15 Oktober 2018 - 19:50 WIB
TMMD ke 103, Ratusan...
TMMD ke 103, Ratusan Warga Dapat Akta Kelahiran dan Kursi Roda
A A A
DEPOK - Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad membuka acara pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 di wilayah Kecamatan Cipayung, Depok pada Senin (15/10/2018). Dalam kesempatan itu, Pemkot Depok juga membagikan akta kelahiran gratis bagi 250 warganya.

"Di Depok TMMD kali ini lebih banyak di non fisik. Misalnya pemberian pembelajaran bahasa asing pada masyarakat dan pelatihan lainnya," katanya, Senin (15/10/2018).

Idris menjelaskan tema TMMD kali ini adalah TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju Sejahtera Dan Demokratis. Sehingga kata dia, yang disasar bukan hanya fisik dan infrastruktur saja tetapi juga pengetahuan dan mental masyarakat.

Untuk pembangunan fisik dilakukan pengaspalan jalan sepanjang 200 meter dan lebar 2 meter di Jalan Lembah Griya Indah RT 1, RW 9 Kelurahan Cipayung, serta normalisasi badan Sungai Kalibaru di RT 1, RW 10, Kelurahan Cipayung Jaya sepanjang 200 meter.

"Sedangkan untuk sasaran non fisik akan kami lakukan sejumlah penyuluhan dan pelatihan mulai dari penanggulangan narkoba, tentang kesehatan masyarakat, lalu lintas, wawasan kebangsaan, kenakalan remaja, kerukunan hidup antar umat beragama, pertanian dan perekonomian, penggulangan terorisme dan radikalisme serta hal lainnya," katanya.

Pada kesempatan itu diserahkan pula secara simbolis sebanyak 250 akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu identitas warga, serta 2 kursi roda dan peralatan lainnya ke Satuan Tugas TMMD ke 103 di Depok untuk diserahkan ke warga.

Kasdam Jaya Brigjen TNI Suharyanto mengatakan, salah satu tugas TNI adalah memberdayakan wilayah pertahanan. Bentuk konkrit di lapangan adalah TNI manunggal membangun desa.
Diakuinya, kegiatan TMMD di Depok memang lebih ditekankan pada kegiatan non fisik karena Depok merupakan wilayah perkotaan jadi sasaran fisik sudah dapat dicover oleh APBD.
"Tingkat pendidikannya, pemahamannya, juga lebih bagus jika dibandingkan dengan daerah lainnya yang lebih membutuhkan sasaran fisik dari TNI," tandasnya.

Di lokasi sama, Dandim Depok Letkol Inf Iskandarmanto selaku Komandam Satgas TMMD 103 di Depok mengapresiasi dukungan Pemkot Depok dalam kegiatan ini. "Kami juga berharap dukungan semua pihak, sehingga hasilnya akan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Dalam pembukaan TMMD ke 103 di Depok ini, digelar pula pengobatan gratis, pasar murah berupa paket sembako sebanyak 200 paket, pembagian kacamata baca gratis, serta hal lainnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8388 seconds (0.1#10.140)