Polisi Ciduk Pembobol ATM di Kebon Jeruk

Minggu, 14 Oktober 2018 - 14:37 WIB
Polisi Ciduk Pembobol ATM di Kebon Jeruk
Polisi Ciduk Pembobol ATM di Kebon Jeruk
A A A
JAKARTA - Polisi meringkus ZN (25), pelaku pembobolan ATM dengan modus baru di kawasan Kampung Baru, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dua pelaku lainnya tengah diburu polisi.

Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol M Marbun mengatakan, awal kejadian, ada saksi yang melihat pelaku yang berjumlah tiga orang sedang melakukan aksi kejahatannya di dalam ruang ATM. Mengetahui hal itu, saksi meminta tolong pada warga sekitar dan mengejar para pelaku.

"Waktu dikejar, para pelaku yang berusaha kabur menabrak sepeda motor dan mobil yang melintas di jalan panjang," ujarnya pada wartawan, Minggu (14/10/2018).

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, AKP Josman Harianja menerangkan, pelaku yang kabur akibat kejaran warga menabrak sebuah mobil, lalu para pelaku meninggalkan mobil jenis honda sedan hitam nopol B-1072-VFS yang di kendarai pelaku, selanjutnya para pelaku kabur dengan cara berlari.

"Satu pelaku (ZN) berhasil kita tangkap, sedangkan dua pelaku lainnya melarikan diri," tuturnya.

Menurutnya, para pelaku pencurian ini beraksi dengan modus baru karena pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan ATM pelaku. Saat mesin ATM sedang melakukan proses pengambilan uang, dan saat sejumlah uang keluar, mesin ATM dimatikan pelaku menggunakan saklar yang disiapkan pelaku sehingga uang terjepit di mesin ATM.

Selanjutnya pelaku mengambil uang di ATM dengan cara mencongkel menggunakan alat yang disiapkan oleh pelaku. "Atas kejadian tersebut, korban dalam hal ini PT Bank BRI Persero mengalami kerugian sebesar Rp22,5 juta," katanya.

Saat ini, tambahnya, masih ada dua pelaku lagi yang masih diburu karena saat kejadian, dua pelakunya berhasil melarikan diri. Sedang tersangka ZN akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3478 seconds (0.1#10.140)