ILUNI UI Segera Kirimkan Bantuan Medis dan Sandang Pangan ke Sulteng

Senin, 01 Oktober 2018 - 14:57 WIB
ILUNI UI Segera Kirimkan Bantuan Medis dan Sandang Pangan ke Sulteng
ILUNI UI Segera Kirimkan Bantuan Medis dan Sandang Pangan ke Sulteng
A A A
JAKARTA - Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menyampaikan duka yang mendalam kepada masyarakat yang terkena bencana alam gempa bumi dan tsunami di wilayah Donggala, Mamuju, Palu, dan daerah-daerah lain di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Khususnya kepada Longki Djanggola, Gubernur Sulteng yang juga merupakan Ketua ILUNI UI Wilayah Sulteng.

ILUNI UI saat ini tengah melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan seluruh pengurus ILUNI UI pusat, ILUNI fakultas dan wilayah seluruh Indonesia, serta dengan pihak Rektorat UI untuk mengumpulkan berbagai bantuan yang diperlukan masyakart korban bencana dan segera mengirimkannya.

“Kami ikut merasakan penderitaan saudara-saudara kami yang tengah tertimpa musibah. Saat ini kami tengah melakukan koordinasi dan konsolidasi untuk segera mengirimkan bantuan, baik bantuan obat-obatan, sandang pangan, juga rencana pembuatan pemukiman sementara,” ujar Ketua Umum Pengurus Pusat ILUNI UI Arief Budhy Hardono dalam siaran persnya yang diterima SINDOnews, Senin (1/10/2018)

Arief melanjutkan, saat ini sebagian tim community development (Comdev) ILUNI UI masih berada di Sembayun dan beberapa daerah lain di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga baru-baru ini terkena musibah gempa bumi, guna memberikan bantuan pascabencana.

Pengurus ILUNI UI tengah membangun rumah-rumah tahan gempa untuk masyarakat korban bencana. Comdev ILUNI UI adalah salah satu organ di ILUNI UI yang bertugas antara lain memberikan bantuan kemanusiaan dan tanggap darurat di daerah daerah yang terkena musibah bencana alam. Comdev ILUNI UI Saat ini diketuai oleh Irvan Toreza dibawah koordinasi salah seorang Ketua ILUNI UI, Endang Mariani.

“Untuk membantu masyarakat korban bencana di Sulawesi Tengah, kami akan menarik sebagian dari anggota tim tanggap bencana ILUNI UI yang tengah memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana di NTB dan sebagian tengah membangun rumah-rumah tahan gempa yang pembangunan rumahnya sudah selesai, untuk segera membantu masyarakat Sulawesi Tengah," ucapnya.

Untuk memberikan bantuan di Sulteng, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Gubernur Longki Janggola guna memastikan jenis bantuan apa yang paling mendesak dan harus segera dikirim ke Palu dan Donggala. (Baca juga: Dahsyatnya Gempa Palu Benamkan Permukiman Warga ke Perut Bumi)

Untuk bantuan medis, pihaknya akan berkoordinasi dengan ILUNI UI Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Sedangkan bantuan papan, pembangunan rumah-rumah tahan gempa akan dikoordinasikan dengan ILUNI UI Fakultas Teknik (FT). "Bantuan lainnya dikoordinasikan dengan ILUNI Fakultas dan wilayah lainnya," ucapnya.

Konser Kemanusiaan 100 Musisi
Sementara itu Sekjen ILUNI UI Andre Rahadian menyampaikan, dalam rangka mengumpulkan dana untuk membantu masyarakat korban bencana di Donggala, Mamuju dan Palu, pihak ILUNI UI berencana mengadakan konser kemanusiaan bersama dengan Komunitas Biduan dan beberapa kementerian dan ormas. Konser kemanusiaan tersebut akan menghadirkan 100 penyanyi dan musisi. Acara tersebut mengambil tema, 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu.

“Konser kemanusiaan yang akan menampilkan 100 biduan dan 100 musisi tersebut rencananya diselenggarakan di Avenue of the Star, Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan pada Jumat 5 Oktober 2018 mendatang,” jelas Andre Rahadian.

Selain artis-artis ibu kota beserta para musisi terkemuka, acara Konser Kemanusiaan 100 Biduan dan 100 musisi tersebut juga akan dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Kerja pimpinan Presiden Jokowi. Mereka akan menyumbangkan lagu dan musik untuk menarik donasi dari para dermawan yang hadir. Dana yang terkumpul nantinya semuanya akan disumbangkan dan digunakan untuk membantu masyarakat korban bencana di Donggala, Mamuju, Palu, dan daerah terdampak lainnya.

Didit Ratam selaku Bendahara Umum ILUNI UI turut mengajak para alumni UI dan para dermawan, baik alumni UI maupun bukan, untuk menghadiri acara tersebut, sekaligus menyumbangkan sebagian rejekinya untuk membantu korban bencana di Donggala, Mamuju, dan Palu serta daerah-daerah terdampak lainnya yang saat ini tengah mendapatkan ujian dan cobaan dari Tuhan.

Menurut Didit, hal yang sama juga sebelumnya sudah dilakukan ILUNI UI ketika membantu masyarakat NTB yang terkena bencana alam beberapa bulan lalu. ILUNI UI menggalang konser kemanusiaan untuk mengumpulkan dana.

Dalam konser tersebut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyumbangkan lagu dan melelang gitar kesayangannya. Dana hasil konser kemanusiaan tersebut sudah dikirimkan dan diperuntukkan bagi masyarakat korban bencana di NTB.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7281 seconds (0.1#10.140)
pixels