Terkena Proyek Tol Desari, 525 Makam di TPU Kumbi Saribah Dipindahkan

Kamis, 20 September 2018 - 09:30 WIB
Terkena Proyek Tol Desari, 525 Makam di TPU Kumbi Saribah Dipindahkan
Terkena Proyek Tol Desari, 525 Makam di TPU Kumbi Saribah Dipindahkan
A A A
JAKARTA - Pengerjaan proyek Tol Depok-Antasari (Desari) yang melintas di Depok menggerus lahan pemakaman. Ratusan makam di TPU Kumpi Saribah, Kelurahan Grogol, Limo Depok harus dipindahkan karena terkena proyek.

Luas keseluruhan TPU Kumpi Saribah adalah 2 hektare. Sebagian lahan ada yang terkena proyek dan lahannya dibebaskan oleh pengembang. "Yang terkena proyek tol seluas 1.617 meter dari total 2 hektare lahan pemakaman," kata Nian Darmawan, salah satu panitia pemindahan makam, pada Rabu, 19 September 2018 kemarin.

Di area yang digusur itu ada sebanyak 525 makam yang kemudian dipindahkan ke lokasi baru. Dari data terbaru yang didapat pihaknya ada tambahan 30 makam yang tidak bernisan.

"Ini ada tambahan sebanyak 30 makam yang tanpa nisan. Tetap akan dipindahkan juga," ujarnya. Pemindahan makam ini sudah dilakukan sejak empat hari lalu.

Pemindahan dilakukan secara bertahap hingga 525 makam itu selesai semua dipindahkan. "Sekarang sudah empat hari. Sudah ada 165 makam uang yang dipindahkan," ujarnya.

Ditargetkan pemindahan ratusan makam itu selesai satu bulan. Sehingga saat ini pihaknya masih terus bekerja menggali kubur dan memindahkan ke lokasi baru. "Setelah digali kemudian dikafankan dan dimakamkan lagi di tempat baru. Ya prosesnya layaknya menguburkan jasad saja," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5754 seconds (0.1#10.140)