Polisi Lebih Senang Aturan Ganjil Genap Diperpanjang

Sabtu, 01 September 2018 - 10:24 WIB
Polisi Lebih Senang Aturan Ganjil Genap Diperpanjang
Polisi Lebih Senang Aturan Ganjil Genap Diperpanjang
A A A
JAKARTA - Kasi Kerma Subdit Kamsel Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno mengatakan kebijakan perluasan ganjil genap yang diperpanjang hingga 13 Oktober 2018 mendatang memudahkan para polantas dalam mengatur lalu lintas di Jakarta. Kebijakan ganjil-genap menurut anggotanya layak dilanjutkan karena dampaknya positif guna mengurai kemacetan.

"Kami sebagai anggota lalu lintas, tidak seperti tahun lalu sebelum ganjil-genap. Anggota lebih senang bila keadaan seperti ini," kata Sutikno di Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Ia menambahkan, pihak kepolisian sangat mendukung kebijakan perluasan ganjil-genap dilanjutkan. Apalagi beberapa indikator juga menyatakan kebijakan perluasan itu dinilai berhasil.

Beberapa indikator itu antara lain terjadinya peningkatan kecepatan yang ada di wilayah ganjil-genap antara 20-30 km/jam. Kemudian terjadi perpindahan moda transportasi yang tadinya memakai kendaraan pribadi menjadi ke kendaraan umum, terutama untuk TransJakarta.

Lalu juga penurunan kecepatan yang ada di jalan arteri, yang berada di luar ganjil-genap dengan persentase kurang lebih 2-3% yang membuat kebijakan perluasan itu pada akhirnya didukung permanen ke depannya.

Sutikno mengatakan pihak kepolisian masih kurang jumlah personelnya di lapangan dalam menjalani kebijakan perluasan ini. Namun tapi dengan bantuan tambahan personel dari Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta dinilainya sudah membantu. "Kegiatan ganjil genap dibantu oleh Dishub terlaksana dengan baik," tutupnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6764 seconds (0.1#10.140)