Warga BCD Bogor Antusias Sambut Pemilihan Ketua RT Rasa Pilkada

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 21:22 WIB
Warga BCD Bogor Antusias...
Warga BCD Bogor Antusias Sambut Pemilihan Ketua RT Rasa Pilkada
A A A
BOGOR - Kepedulian warga untuk mengikuti pemilihan pengurus Rukun Tetangga (RT) biasanya cenderung minim. Terutama di komplek-komplek perumahan, biasanya peminat pengurus RT sangat sepi.

Namun warga RT 01/RW 18, Perumahan Bumi Cilebut Damai (BCD), Kabupaten Bogor, punya cara tersendiri untuk meramaikan pemilihan ketua RT periode 2018-2023. Panitia membuat pemilihan ketua RT ini rasa pemilihan kepada daerah (pilkada). Hasilnya, antusias warga untuk mengikuti pemilihan ketua RT ini tergolong tinggi.

Panitia pemilihan ketua RT 01/RW 18, Perumahan BCD, sudah sejak dua bulan lalu aktif mensosialisasikan pemilihan ketua RT ini. Baik melalui grup WhatsApp, maupun mendatangi langsung rumah warga alias door to door.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT 01/RW 18, Perumahan BCD, Syaiful Hadi, mengatakan, pihaknya melakukan penjaringan calon ketua RT hingga dua tahap. Tahap pertama dengan pendaftaran secara terbuka bagi warga yang berminat menjadi calon ketua RT.

Setelah itu, panitia melakukan penjaringan dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga. Warga kemudian diminta untuk mengisi formulir berisi sosok calon yang diusulkan.

Dari hasil penjaringan tahap kedua, panitia mendapatkan 15 nama yang diusulkan warga untuk menjadi calon ketua RT. Dari 15 nama itu, panitia lalu mengerucutkan menjadi tiga nama dengan suara dukungan terbanyak. Ketiganya adalah Roni Wijaya (incumbent), Nanang Susanto, dan Aef Syaefurrohman.

"Pencoblosan atau pemilihan ketua RT ini akan berlangsung Minggu 2 September 2018 di Balai Desa," ujar Syaiful, Jumat (31/8/2018).

Untuk mensukseskan pemilihan Ketua RT ini, panitia telah memasang sejumlah spanduk dan umbul-umbul di beberapa titik di komplek perumahan BCD. Layaknya pilkada, panitia juga memajang foto para kandidat sehingga lebih semarak. Cara warga BCD ini patut dicontoh lain agar pemilihan ketua RT diminati warganya.

"Kami juga mensosialiasikan pemilihan RT ini di media-media sosial, termasuk melalui video yang diupload di YouTube dengan judul 'Seru seruan Pemilihan RT Bumi Cilebut Damai," timpal panita lainnya, Buddy Dharmawan.

Para kandidat juga diminta membuat video yang berisi visi misi mereka yang kemudian di-share di grup WhatsApp. "Video ini permintaan ibu-ibu yang ingin tahu seperti apa visi misi dari masing-masing calon," ujar Buddy.

Untuk diketahui, RT adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh pemerintah desa atau lurah.

Pemilihan pengurus RT diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor Nomor 9/2011 tentang Lembaga Kemasyarakatan di Desa dan Kelurahan.

Dalam perda itu disebutkan, pengurus RT dipilih dari anggota masyarakat secara musyawarah yang difasilitasi oleh pengurus RW. Masa bakti pengurus RT di desa adalah lima tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa bakti berikutnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0798 seconds (0.1#10.140)