Tarif Sewa Naik, Penghuni Rusun Sukapura Anggap Kenaikan Wajar

Rabu, 15 Agustus 2018 - 02:35 WIB
Tarif Sewa Naik, Penghuni Rusun Sukapura Anggap Kenaikan Wajar
Tarif Sewa Naik, Penghuni Rusun Sukapura Anggap Kenaikan Wajar
A A A
JAKARTA - Pendapat Berbeda diungkapkan beberapa penghuni rumah susun di Rusun Sukapura, Cilincing Jakarta Utara. Kenaikan tarif sewa tidak memberatkan karena sejak 14 tahun menghuni rusun belum pernah ada kenaikan tarif sewa.

Nani Indraini (27) penghuni tipe 21 lantai 2 nomer 21 Rusunawa Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara. Nani menilai kenaikan ini cukup wajar mengingat sejak 14 tahun dirinya menempati rusun, kenaikan belum terjadi.

“Dulu waktu pernah nempati harganya Rp77 ribu. Tapi kalo di itung itung sekarang harganya Rp172.800 setelah naik. Sama listrik air, jadi Rp450 ribu sebulan,” ucap Nani ketika ditemui di rumahnya.

Nani menilai kenaikan ini sangat wajar, mengingat biaya hidup di Jakarta. Bila harus mengontrak di lokasi sama, nilai segitu masih kurang.

Nani tinggal di unit 21, dirumahnya terdapat sejumlah peralatan elektronik mulai dari Televisi layar datar, Pendingan Ruangan, hingga kulkas. Ia kemudian menyekat unit rusunnya menggunakan triplek membatasi antara kamar dengan ruang tamu.

Hal sama juga diungkapkan oleh Sugeng, 41, warga lantai 2. Ia mengaku tak keberatan dengan kenaikan ini, ia pun mengakui cukup wajar rusun naik karena fasilitas yang lengkap. Seperti Nani, tarif unit Sugeng kini menjadi Rp 172.800.

“Fasilitas sini cukup baik kok. Bahkan sekarang sedang ada renovasi,” ucap Sugeng sembar menunjukan salah satu tembok rusun tengah di cat pekerja.

Meski demikian, Sugeng mengeluhkan kondisi parkiran rusun yang sempit. Sebab saat malam tiba motornya sulit terparkir karena penuh, belum lagi dengan beberapa warga yang memiliki mobil.

Diketahui, Rusunawa Sukasari sendiri memiliki lima lantai, dengan jumlah unit 100, 20 unit tiap lantainya. Kini rusunawa sendiri tengah mengalami renovasi, sejumlah pekerja tengah melakukan pengecetan di beberapa titik. Di tempat ini air dari PAM Jaya telah tersambung, terdapat pulu halte feeder transjakarta di depan rusun.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5423 seconds (0.1#10.140)