Akibat Korsleting, Lantai 2 Ponpes Assa'adah Depok Terbakar

Kamis, 09 Agustus 2018 - 15:50 WIB
Akibat Korsleting, Lantai 2 Ponpes Assaadah Depok Terbakar
Akibat Korsleting, Lantai 2 Ponpes Assa'adah Depok Terbakar
A A A
DEPOK - Lantai dua Pondok Pesantren Assa’adah di Jalan Rawa Indah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung Depok ludes dilahap si jago merah. Api pertama kali dilihat oleh seorang santri dari lantai dasar sekitar pukul 11.00 WIB.

Api berasal dari salah satu ruang tidur santri. Api cepat merambat sehingga membuat seluruh bangunan di lantai dua hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kepala Ponpes Assa’adah, Mar’atus Solihah mengatakan, api diduga dari korsleting listrik. Menurutnya ada kabel yang terbuka dari instalasi di lantai dua salah satu ruangan.
Dalam waktu sekejap api menghanguskan seluruh ruangan di lantai dua. “Ada korslet listrik. Ada kabel yang terbuka,” katanya, Kamis (9/8/2018).

Tidak ada yang tahu saat api masih kecil. Tahu-tahu api sudah terlihat dari luar dan membakar ruangan. Api cepat merambat karena barang dalam ruangan mudah terbakar.

“Beruntung tidak ada orang dilantai dua saat kejadian,” kata Wakil Kepala Ponpes, A Hidayat.

Santri pun langsung dievakuasi dari lokasi kejadian. Setidaknya ada 209 santri di ponpes tersebut. Untuk pemadaman awal, warga melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

Kemudian pemadam datang dan memadamkan api. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Kalau bangunannya semua sekitar Rp3 miliar. Nggak tahu ini berapa kerugian,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan ada enam unit armada yang diturunkan untuk memadamkan api. Dalam waktu singkat api sudah padam. “Saat ini proses pendinginan. Api dari arus pendek listrik,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7685 seconds (0.1#10.140)