Ini Tiga Faktor Peyebab Tawuran di Kalangan Pelajar

Selasa, 13 Februari 2018 - 01:36 WIB
Ini Tiga Faktor Peyebab Tawuran di Kalangan Pelajar
Ini Tiga Faktor Peyebab Tawuran di Kalangan Pelajar
A A A
JAKARTA - Pengamat Sosial dari FISIP Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (UHAMKA) Said Ramadhan mengatakan, faktor penyebab terjadinya tawuran antar dua kelompok anak di bawah umur yang terjadi di Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Said mengatakan, sebenarnya faktor penyebab tawuran tidak hanya mengenai satu aspek melainkan kompleks.

"Pertama, gagalnya lembaga sekolah dalam menanamkan nilai kesantunan dalam kehidupan. Sekolah lebih menuntut prestasi dan lebih menghargai hal itu," kata Said saat dihubungi SINDOnews, Senin 12 Februari 2018.

Faktor kedua, lanjut Said relasi orang tua dan anak makin senjang karena hadirnya teknologi. Sehingga orang tidak mampu maksimal mengintervensi kehidupan anaknya.

"Sehingga ada gap (jarak) menghalangi transformasi nilai-nilai keluarga dari orang tua ke anak," paparnya. (Baca Juga: Bocah SD Jadi Korban Tawuran, Pengamat: Fenomena Mengerikan
Faktor ketiga, kata Said, saat ini hubungan sosial di masyarakat tengah sakit. "Egoisme dan antisosial menjadi sesuatu yang biasa. Sehingga kepedulian terhadap lingkungan sekitar hampir tidak ada. Bila ada kasus seperti ini baru terkaget-kaget," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5515 seconds (0.1#10.140)