Arus Kendaraan di Jalur Puncak Bogor Lengang

Sabtu, 10 Februari 2018 - 15:12 WIB
Arus Kendaraan di Jalur Puncak Bogor Lengang
Arus Kendaraan di Jalur Puncak Bogor Lengang
A A A
BOGOR - Kendati penutupan jalur Puncak hanya hanya diberlakukan di sekitar Gunung Mas hingga Ciloto, namun dampak longsor beberapa hari lalu masih terasa hingga saat ini, khususnya terhadap arus lalu lintas.

Biasanya saat libur akhir pekan seperti ini, kemacetan sudah mengular hingga belasan kilometer. Namun Sabtu (10/2/2018) akhir pekan ini, arus lalu lintas dari mulai Gadog menuju Puncak terpantau lengang.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, menuturkan, jalur Puncak masih terpantau lengang sejak pukul 07.00. Kendaraan yang melintas hanya didominasi warga setempat.

"Jalur relatif lengang. Mungkin ada dampak dari pengerjaan jalur di Puncak selama 10 hari, sehingga masyarakat luar Bogor enggan ke Puncak," ujar AKP Hasby saat dikonfirmasi.

Menurut dia, penutupan jalur Puncak hanya sekitar 7 kilometer dari arah bawah Gunung Mas, kebun teh hingga Ciloto. Sedangkan lalu lintas dari arah Gadog, Cipayung, Megamendung, Pasar Cisarua, Cibeureum, hingga Desa Tugu, masih bisa dilintasi.

Pihaknya masih memantau kondisi ini hingga Minggu besok. Apabila situasi lalu lintas masih tetap lenggang, polisi memastikan tidak akan memberlakukan sistem satu arah (one way) yang biasa dilakukan setiap akhir pekan guna mencairkan kepadatan kendaraan.

Hasby memperkirakan, sebagian kendaraan memang melintas jalur alternatif Sukabumi dan Jonggol. Berdasarkan pengamatannya, lalu lintas di dua jalur tersebut padat pascalongsor Puncak.

"Artinya, sebagian besar kendaraan yang akan ke Cianjur melintas di dua jalur alternatif itu. Penempatan personel lalu lintas pun ditambah di sana guna mengatur di Jalur Sukabumi dan Jonggol," katanya.

Sementara itu, Saepudin (43), warga Megamendung mengaku senang dengan kondisi lalu lintas yang relatif lengang tersebut. Sebab ia tak perlu khawatir lagi penutupan jalur atau kemacetan saat keluar dari rumahnya di Cibogo, Megamendung.

"Setiap akhir pekan malas ke luar rumah karena takut macet dan tutup jalur. Saat ini lenggang dan jalanan lancar. Ada bagusnya sih, kendaraan memang harus dibatasi yang melintas Puncak," katanya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5153 seconds (0.1#10.140)