Selidiki Longsor Underpass Bandara Soetta, Polisi Kedepankan Aspek Kemanusiaan

Rabu, 07 Februari 2018 - 14:07 WIB
Selidiki Longsor Underpass Bandara Soetta, Polisi Kedepankan Aspek Kemanusiaan
Selidiki Longsor Underpass Bandara Soetta, Polisi Kedepankan Aspek Kemanusiaan
A A A
TANGERANG - Polda Metro Jaya akan menyelidiki kasus longsornya tebing di undepass Bandara Soetta yang menewaskan Dianti Dyah Ayu Cahyani Putri (24). Namun, penyelidikan ini baru akan dilakukan setelah recovery pasca-kejadian selesai.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri Brigjen Pol M Iqbal mengatakan, police line di lokasi longsor underpass Bandara Soetta sudah bisa dilepas guna memperlancar lalu lintas."Diizinkan kepada Puslabfor untuk mencabut police line di Tempat Kejadian Perkara (TKP)," kata Iqbal kepada wartawan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Rabu (7/2/2018).

Iqbal menuturkan, saat ini Polri masih fokus untuk melakukan recovery pascakejadian dan mengedepankan aspek kemanusiaan, baik oleh Basarnas, dan seluruh stakeholder terkait."Seluruh stakeholder yang ada harus bisa mengatur bagaimana arus lalin di sana. Tentunya harus dilakukan secara bertahap. Prinsip bagi Polri pada saat ini adalah mengedepankam prinsip dan asas kemanusiaan," ujarnya.

Setelah selesai proses recovery, lanjut iqbal, tahap selanjutnya adalah melanjutkan proses penyelidikan yang kini terus berjalan. Proses penyelidikan dari Puslabfor akan disampaikan secara bertahap.

"Setelah proses recovery, polisi baik Polda Metro dan Polres Bandara Soetta akan melakukan proses penyelidikan. Proses hasil dari Puslabfor bertahap dan sedang berjalan," sambungnya.( Baca: Dianti Putri Korban Longsor Underpass Bandara Soetta Meninggal )

Sementara itu, Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Akhmad Yusef mengatakan,telah memeriksa enam orang saksi, dan masih menunggu hasil penyelidikan Puslabfor. "Kami masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi. Sudah enam orang saksi yang diperiksa, dari masyarakat, PT Waskita, PT KAI, dan dari pihak AP II dari Aviation Security (Avsec),"kata Yusef kepada SINDOnews.

Ditambahkan dia, pihaknya juga telah melakukan olah TKP di lokasi longsor. Dalam olah TKP itu, kepolisian menghadirkan perwakilan PT Waskita dan PT KAI sebagai pihak terkait proyek itu.

"Kami akan mempelajari dan meneliti dokumen-dokumen yang telah diberikan oleh PT KAI sebagai pihak yang mengajukan design pembuatan underpass itu dan akan disinkronkan dengan temuan data-data di lapangan," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7807 seconds (0.1#10.140)