Bertemu Gubernur BI, Anies Baswedan Bahas OK Otrip

Jum'at, 05 Januari 2018 - 21:25 WIB
Bertemu Gubernur BI, Anies Baswedan Bahas OK Otrip
Bertemu Gubernur BI, Anies Baswedan Bahas OK Otrip
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajarannya bertemu dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Gedung BI Thamrin, Jakarta Pusat. Pertemuan itu membahas mengenai perekonomian serta pengintegrasian kebijakan Pemprov DKI dengan Peraturan BI.

"Tim Pemprov DKI bertemu dengan Gubernur BI, kita membahas beberapa aspek secara umum terkait dengan keuangan, kita bahas pertumbuhan perekonomian serta pengendalian infalasi di Jakarta," kata Anies usai pertemuan itu, Jumat (5/1/2018).

Secara khusus, Anies mengungkapkan ada dua hal yang dibahas secara mendalam, peratama adalah mengenai program OK Otrip.

"Secara mendalam kita membahas mengenai pengintegrasian transportasi umum di Jakarta OK OTrip, dimana kita memerlukan dukungan Bank Indonesia agar program OK OTrip yang menggunakan kartu itu bisa tersambungkan dengan sistem perbankan," lanjut Anies.

Kerja sama itu nantinya akan mulai dibahas dan menjadi pilot project pada tanggal 15 Januari nanti dan hal tersebut ditunjukkan dengan dukungan penuh Gubernur BI yang menginstruksikan jajarannya untuk memberikan review terhadap salah satu program unggulan Pemprov DKI tersebut.

Kemudian, pembahasan kedua mengenai pajak dan retribusi daerah dan pengintegrasiannya ke dalam sistem Gerbang Pembayaran Nasional.

"Jadi kita ke depan akan mengintegrasikan agar pengumpulan pajak dan retribusi memanfaatkan gerbang pembayaran nasional (GPN) harapannya dengan mnggunakan platform ini maka Pemprov DKI dan para wajib pajak bisa mengelola pembayaran pajak dengan lebih baik, transparan dan tepat waktu," jelasnya.

Mantan Mendikbud ini juga mengungkapkan, telah membahas keberlanjutan program DP 0 persen yang juga merupakan janji kerja pasangan Anies-Sandi.

Di mana program ini ternyata didukung penuh oleh Gubernur BI berupa pemberian skema pembayaran yang nantinya bisa diaplikasikan serta pembentukan tim untuk membahas aplikasi kebijakan tersebut.

"Tentang rumah DP 0 persen, BI memberikan skema-skema yang bisa kita gunakan, yang pada intinya BI memberikan dukungan serta akan dibentuk tim untuk membahas mengenai DP 0 persen," terang Anies.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4321 seconds (0.1#10.140)