Artis Terjerat Narkoba Harus Dapatkan Pidana Tambahan

Sabtu, 23 Desember 2017 - 21:29 WIB
Artis Terjerat Narkoba Harus Dapatkan Pidana Tambahan
Artis Terjerat Narkoba Harus Dapatkan Pidana Tambahan
A A A
YOGYAKARTA - Polda Metro Jaya kemarin menangkap artis Tio Pakusadewo terkait narkoba. Banyaknya selebriti yang terjerat kasus narkoba dinilai sebagai salah satu bukti pengguna narkoba yang mengaku telah berhenti tidak bisa dipercaya 100%.

Penilaian ini diungkapkan pengamanat hukum pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Mudzakir. Menurut Mudzakir, adanya artis yang kembali terjerat narkoba, ini menunjukkan jika ada artis yang selama ini sebagai penguna narkoba dan mengaku sudah berhenti, tidak bisa dipercaya 100%.( Baca: Konsumsi Sabu, Aktor Tio Pakusadewo Ditangkap di Rumahnya )

Terbukti beberapa artis yang pernah berurusan dengan masalah tersebut, kembali tersandung dengan kasus yang sama. Salah satunya,
Tio Pakusedowo yang mengaku sudah berhenti, namun memakai lagi.
Untuk itu, harus ada monitoring atau pengawasan kepada artis tersebut.“Penegak hukum, dalam hal ini Badan Narkotika Nasional
(BNN) dan Kepolisian juga harus bertindak tegas kepada mereka,” kata Mudzakir pada SINDOnews, Jumat 22 Desember 2017 malam tadi.

Tindakan tegas ini, bukan hanya diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, namun juga harus ada pidana tambahan sesuai dengan profesinya. Sebagaimana aparat sipil negara (ASN) maupun olahragawan. Jika ASN sanksi tambahannya dipecat dan olahragawan dilarang beraktivitas selama beberapa tahun,maka untuk artis juga harus diterapkan hal yang sama.

“Sesuai dengan aturan, pidana tambahan bagi artis, yakni dilarang
beraktivitas untuk pekerjaan keartisan, minimal dua tahun dan maksimal lima tahun,” ucapnya.( Di Hadapan Penyidik, Begini Alasan Tio Pasukadewo Gunakan Sabu )

Mudzakir menambahkan adanya sanksi tambahan ini, bukan hanya untuk membuat efek jera. Namun juga agar artis tersebut, tidak lagi bergelimang harta. Sebab bukan rahasia umum lagi, dengan memiliki kekayaan, maka mereka dapat dengan mudah membeli narkoba yang harganya jutaan rupiah tersebut.

“Diharapkan dengan langkah ini, artis yang akan memakai narkoba
berpikir dua kali,” ucapnya.
(whb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1596 seconds (11.252#12.26)