The Colour HAM 2017, Lapas Cibinong Pamerkan Kantin Jempol

Minggu, 10 Desember 2017 - 15:53 WIB
The Colour HAM 2017, Lapas Cibinong Pamerkan Kantin Jempol
The Colour HAM 2017, Lapas Cibinong Pamerkan Kantin Jempol
A A A
JAKARTA - Inovasi Kantin Jempol Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Cibinong, Pondok Rajeg, Bogor, Jawa Barat, ikut memeriahkan pameran inovasi dan layanan pemasyarakatan dalam acara The Colour HAM 2017. Acara ini mengambil tema "Kerja Bersama Peduli HAM untuk Indonesia Maju Sejahtera" di halaman Benteng Vastenburg, Surakarta.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II A Cibinong, Anak Agung Gde Krisna mengatakan, pihaknya juga memamerkan database pemasyarakatan.

"Selain jempol, Ditjen Pemasyarakaran menampilkan Sistem database Pemasyarakatan dalam acara pameran dimaksud," katanya kepada SINDOnews, Minggu (10/12/2017).

Dia mengatakan, kantin jempol merupakan edukasi remaja dan masyarakatan Surakarta tentang sistem pelayanan pemasyarakatan agar mereka bisa mengetahui perlakukan pelanggar hukum di Indonesia dengan baik. Mulai dari sistem administrasi menggunakan sistem (SDP), pelayanan hak berbasis TI dan pemenuhan kebutuhan pribadi sehari hari melalui Kantin Jempol.

"Kantin jempol merupakan implementasi program bebas peredaran uang di Lapas dan Rutan. Dengan berlakukan sistem kantin jempol diharapkan tidak adanya peredaran uang di dalam lapas, praktik suap dan transaksi narkoba dalam lapas," kata Agung.

Kemudian, dia menjelaskan, Kantin Jempol juga mempermudah keluarga napi untuk mengirimkan uang kepada keluarganya yang di dalam lapas dan rutan.

"Masyarakatan bisa mengirimkan uang kepada keluarganya yang menjalani pidana di dalam melalui transfer bank ke Virtual Account WBP (warga binaan pemasyarakatan) sendiri. Sehingga akan bisa dipergunakan oleh napi secara langsung dengan menggunakan jempolnya," tutur mantan Karutan Batam ini.

Agung berharap, inovasi di sejumlah bidang pemasyarakatan terus meningkat. "Inovasi di bidang pemasyarakatan diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan masyarakat di lapas atau rutan," harapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7729 seconds (0.1#10.140)