Bulan Tertib Trotoar Tidak Berefek di Jakarta Barat

Kamis, 12 Oktober 2017 - 05:01 WIB
Bulan Tertib Trotoar...
Bulan Tertib Trotoar Tidak Berefek di Jakarta Barat
A A A
JAKARTA - Bulan Tertib Trotoar yang digalakkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dinilai belum terlihat efek di wilayah Jakarta Barat. Beberapa titik jalan hingga kini masih dipenuhi sejumlah kendaraan yang parkir.

Pantauan KORAN SINDO, kondisi ini hampir ditemukan di setiap titik jalan di Jakarta Barat, seperti kawasan CNI Kembangan, Jalan Meruya Ilir, Jalan Panjang Kedoya, Jalan Daan Mogot, Jalan Syahdan Palmerah, Jalan Kyai Tapa, Jalan Tambora, hingga lokasi di sekitaran kota tua dan pusat niaga Taman Sari.

Meskipun upaya penderekan, denda tilang, hingga lainnya kerap dilakukan Sudinhub Jakarta Barat, namun aksi itu tak membuat masyarakat menjadi jera. Malahan, seusai penertiban kendaraan yang terparkir di bahu jalan semakin menggila. Mereka seakan tidak takut ditertibkan .

Kondisi ini pun dikeluhkan pengguna kendaraan. Ditemui di kawasan Asemka, Tambora, Jakarta Barat, Akmal (32), salah satu pengguna kendaraan menyayangkan upaya penindakan yang lemah di kawasan itu.

Menurut dia, tanpa pemantauan, lalu lintas di tempat itu semakin semerawut. Sejumlah truk melakukan bongkar muat secara sembarangan, sementara bahu jalan dipenuhi kendaraan yang terparkir. "Padahal kalua parkir di sini rapih, mungkin jalanan bisa sedikit lancar," tutur Akmal, Rabu (11/10/2017).

Hal senada diungkapkan Tarsi (36), pengguna kendaraan yang ditemui di kawasan Jalan Tubagus Angke, persisnya di dekat kantor Kecamatan Tambora. Ia mengeluhkan kondisi parkir liar di depan kantor Kecamatan Tambora yang makin tak kondusif.

Ia melihat ada penindakan yang terkesan diskriminatif, salah satunya dengan tidak menderek parkir liar di depan kecamatan. Padahal di tempat itu, terdapat rambu larangan parkir.

Sementara Kasudinhubtrans Jakarta Barat, Anggiat Banjanahor, mengatakan, upaya penindakan terhadap parkir liar sudah kerap dilakukan terhadap beberapa titik parkir liar di Jakarta Barat, termasuk di kawasan Kembangan, Tambora, hingga Taman Fatahilla.

Setiap harinya, kata Anggiat, pihaknya mengerahkan lima mobil derek‎ untuk disebar ke sejumlah jalanan di Jakarta Barat. Ia juga telah meminta kepada Kasihubtrans di kecamatan untuk melakukan tindakan terhadap kendaraan yang parkir di trotoar.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0770 seconds (0.1#10.140)