Penataan Ulang Trotoar Sudirman Dimulai Desember 2017-Juli 2018

Minggu, 08 Oktober 2017 - 18:28 WIB
Penataan Ulang Trotoar Sudirman Dimulai Desember 2017-Juli 2018
Penataan Ulang Trotoar Sudirman Dimulai Desember 2017-Juli 2018
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mencanangkan program #TrotoarKita di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (8/10/2017).

Djarot mengatakan, pencanangan trotoar yang difokuskan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga ujung Jalan MH Thamrin atau mulai dari Patung Pemuda hingga ke Air Mancur Patung Arjuna Wiwaha, bertujuan untuk mengembalikan hak warga masyarakat pengguna trotoar, seperti pejalan kaki, penyandang disabilitas, ibu yang mendorong bayi, dan warga bersepeda. Djarot menegaskan trotoar tidak boleh lagi dikuasai parkir liar, PKL, dan kendaraan bermotor.

Untuk itu, kata Djarot, seluruh elemen masyarakat dan pemilik gedung harus menjadi pelopor terdepan dan contoh dalam melaksanakan tertib trotoar dan tertib lalu lintas dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan tidak menyalahgunakan fungsi trotoar. (Baca: Penataan Trotoar di Jalan Sudirman-Thamrin Korbankan Ribuan Pohon)

"Program #TrotoarKita akan mulai dilakukan pada bulan Desember 2017 hingga Juli 2018, dengan menutup jalur pedestrian dan jalur lambat yang ada sekarang. Kami mengajak para pemilik gedung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin untuk mendukung pengaturan akses jalan alternatif keluar masuk para penghuni gedungnya," ujarnya.

Djarot menegaskan, lebar jalur pedestrian sebelum penataan ulang bervariasi sekitar 1,5-5 meter. Pasca penataan ulang, lebar jalur pedestrian akan menjadi maksimal 12 meter, bervariasi tergantung pada kondisi jalan. Jalur cepat akan menjadi 5 jalur. Panjang total jalur pedestrian yang dikerjakan sepanjang 6,6 kilometer.

PT MRT Jakarta, kata Djarot, akan mengerjakan area di sekitar 6 stasiun bawah tanah (Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia) sepanjang 1,4 kilometer; Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoordinasi PT Mitra Panca Persada (Patung Pemuda Senayan-Kali Krukut) dan Keppel Land (Kali Krukut-Patung Arjuna Wiwaha) sepanjang 5,2 kilometer.

"Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah menganalisis pengelolaan dan penataan pepohonan yang ada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga ujung Jalan MH Thamrin. Berdasarkan simulasi perhitungan di setiap 500 meter dari total 6,6 km, terdapat 326 pohon dipertahankan, 266 pohon dipindahkan, dan 139 pohon baru," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3718 seconds (0.1#10.140)