Kemenhub: KRL Cikarang-Jakarta Kota Sudah Laik Operasi

Jum'at, 28 Juli 2017 - 18:29 WIB
Kemenhub: KRL Cikarang-Jakarta Kota Sudah Laik Operasi
Kemenhub: KRL Cikarang-Jakarta Kota Sudah Laik Operasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan uji coba KRL Commuter Line Jakarta Kota-Cikarang sangat lancar dan cukup baik. Sarana dan prasarana untuk operasional KRL Cikarang-Jakarta Kota dinyatakan laik.

Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, dari hasil uji coba KRL Commuterline Cikarang-Jakarta siang tadi, sejauh ini prasarana dan kelayakan dinilainya cukup baik. Kondisi Listri Aliran Atas (LAA) dengan kapasitas 4.000 Kilowatt terlihat cukup baik, termasuk soal tiga gardu di sekitar Cibitung, Tambun, dan Cikarang.

Terhadap pembangunan stasiun di kawasan itu, Zulfikri memastikan untuk tahun ini pembangunan akan selesai di dua stasiun yakni, stasiun Bekasi Timur dan Cibitung. Sedangkan Stasiun Cikarang akan selasai sebelum 2018 mendatang, dan Stasiun Tambun baru akan dilakukan pembangunan di tahun ini.

"Izin pembangunan saja kami membutuhkan waktu dua tahun," tuturnya.
Pantuan di lokasi, di empat stasiun itu sudah terlihat cukup baik, pembangunan di Stasiun Bekasi Timur dan Cibitung telah memasuki tahap akhir. Sementara di stasiun awal pemberangkatan, yakni Cikarang pembangunan masih dalam proses.

Pembangunan di Stasiun Cikarang sendiri menggunakan konsep modern dengan delapan lajur, empat di dalam stasiun, empat lainnya di luar stasiun. Di stasiun berlantai dua itu terlihat dilengkapi dengan eskalator, empat anak tangga seluas empat meter, serta lift.

Delapan gate elektronik pun bakal disiapkan di stasiun itu, bersama dengan stasiun Bekasi Timur. Sedangkan di Stasiun Tambun dan Cibitung, PT KCJ menyiapkan enam gate elektronik.( Baca: KCJ Uji Coba KRL Jakarta-Cikarang, Berangkat dari Stasiun Manggarai )
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7601 seconds (0.1#10.140)