Ada Istura, Pemkot Bogor Kewalahan Tangani Kemacetan

Kamis, 27 Juli 2017 - 14:30 WIB
Ada Istura, Pemkot Bogor Kewalahan Tangani Kemacetan
Ada Istura, Pemkot Bogor Kewalahan Tangani Kemacetan
A A A
BOGOR - Hari keempat kegiatan Istana Untuk Rakyat (Istura) dalam rangka hari jadi Kota Bogor ke-535 semakin memperparah kemacetan yang hampir setiap hari terjadi di jalur Sistem Satu Arah (SSA) lingkar Istana Bogor dan Kebun Raya, Kamis (27/7/2017).

Berdasarkan pantauan kemacetan parag terjadi di sejumlah ruas jalan sekitar Istana dan Kebun Raya Bogor, mulai dari Jalan Otista, Jalan Ir H Juanda, Simpang Pasar Bogor, Bogor Trade Mall hingga sumber kemacetan yakni depan Balai Kota Bogor yang merupakan pusat berkumpulnya para peserta Istura.

Tak hanya itu, kemacetan juga berdampak hingga Jalan Kapten Muslihat-Jalan Merdeka dan Perintis Kemerdekaan. Antrean kendaraan juga berdampak hingga Simpang Empang, Jalan Pahlawan.

Kendaraan mengular paling parah terpantau di sepanjang Jalan Ir H Djuanda menuju Balai Kota Bogor. Rata-rata kendaraan hanya bisa memacu kendaraannya 10-30 meter/jam. Jarak tempuh dari Simpang BTM menuju Balai Kota sepanjang 2 kilometer harus ditempuh lebih dari 30 menit.

"Kemacetan juga ditambah dengan keberadaan kendaaraan bus atau mobil yang parkir di sisi jalan. Jalanan lebih semerawut," kata Nano (33), sopir 03 Baranangsiang-Bubulak di lokasi.

Pengendara lainya, Muhammad Alif (33), warga Bantarkemang, Bogor Timur, Kota Bogor mengeluhkan kegiatan Istura tahun ini dampaknya terhadap lalu lintas lebih parah. Karena banyak penyeberang jalan dan kendaraan yang parkir sembarangan di sekitar Balai Kota dan pintu II Istana Bogor.

"Harusnya, lalu lintas penyeberang jalan lebih tertib, dibuat perkelompok sehingga durasi penyeberang jalan bisa teratur tak berdampak pada kemacetan," katanya.

Dia pun menyarankan dibuatnya kantong-kantong parkir di seputar Istana atau Balai Kota. Sehingga tak membludak ke ruas jalan bagi kendaraan yang mengangkut rombongan. "Banyak sekali bus dan angkot-angkot yang parkir di bahu jalan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Subbag Humas, Publikasi dan Berita Pemkot Bogor Manan Tampubolon mengakui, pihaknya kewalahan dalam mengantisipasi meningkatnya jumlah peserta Istura di hari keempat ini.

"Iya ini konsekuensi membludaknya perserta Istura menyebabkan kemacetan di seputar balai kota," ucapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4964 seconds (0.1#10.140)