Jalan Layang Transjakarta Koridor 13 Aman Dilintasi

Jum'at, 21 Juli 2017 - 05:00 WIB
Jalan Layang Transjakarta Koridor 13 Aman Dilintasi
Jalan Layang Transjakarta Koridor 13 Aman Dilintasi
A A A
JAKARTA - Jalan layang Transjakarta koridor 13 (Ciledug-Tendean) dinyatakan aman untuk dilalui. Hal ini setelah Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan uji kelaikan, Kamis (20/7/2017). Hasilnya, pada uji dinamis tidak ditemukan masalah dan sesuai perencanaan.

Kepala Bidang Trase Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan, uji kelaikan oleh KKJTJ yang rencananya dilakukan selama dua hari hingga hari ini, dipaksakan selesai pada Kamis (20/7) kemarin. Untuk itu, uji kelaikan dilakukan hingga tadi malam. Heru menyebutkan, uji kelaikan ini terbagi dua bagian yakni, pada siang hari dilakukan uji dinamis. Sedangkan pada malam harinya uji statis.

Dalam uji dinamis yang dilakukan adalah mengecek getaran dan defleksi setelah dilintasi truk bermuatan 40 ton. Hasilnya sesuai perencanaan dan tidak bermasalah. Namun, untuk statis yang digunakan untuk mendeteksi beban dengan alat sensor di jalan layang itu belum dapat disebutkan hasilnya lantaran masih berjalan. ”Nanti hasil resminya akan dikeluarkan oleh KKJTJ. Uji kelaikan hanya mengecek struktur," kata Heru.

Sementara itu, Humas PT Transportasi Jakarta Wibowo menuturkan, untuk operasional halte pihaknya masih menunggu evaluasi kembali. Menurutnya, dari 12 halte yang ada, hanya tiga halte yang dinyatakan siap beroperasi yakni halte Tendean, Tirtayasa, dan Adam Malik.

Sedangkan Kepala Bidang Pencahayaan Kota Dinas PE DKI Jakarta, Syamsul Bakhri mengatakan, hingga saat ini kontraktor pemenang lelang pengadaan PJU Koridor XIII Transjakarta belum juga merealisasi pengerjaan fisik di lapangan. Padahal, tenggat waktu peresmian kurang dari sebulan lagi. ”Kami antisipasi dengan menyiapkan 40 lampu berikut dengan tiangnya. Pemasangannya menunggu kesiapan bagian lain Koridor XIII rampung. Masing-masing titik kita pasangi lampu 200 watt," ungkapnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5177 seconds (0.1#10.140)