Ini Penyebab Indonesia Jadi Pasar Narkoba

Kamis, 20 Juli 2017 - 07:03 WIB
Ini Penyebab Indonesia Jadi Pasar Narkoba
Ini Penyebab Indonesia Jadi Pasar Narkoba
A A A
JAKARTA - Kriminolog Universitas Indonesia, Kisnu Widagso menilai, ungkapan kasus narkoba yang saat ini gencar dilakukan polisi hanyalah sebagian kecil dari peredaran narkoba yang ada.

‎"Tangkapan beberapa hari terakhir harus dipandang sebagai terungkapnya gunung es peredaran narkotika‎," tutur Kisnu menyikapi banyaknya narkoba yang berhasil diungkap polisi saat dihubungi, Rabu 19 Juli 2017.

Keberadaan narkoba di Indonesia, lanjut Kisnu, tak lepas dari potensi pasar yang menguntungkan. Dengan penduduk yang banyak, serta letak geografis Indonesia yang mendukung untuk transit. Narkoba kemudian berkembang tak hanya diedarkan melainkan diproduksi.

‎Kondisi ini diperparah dengan tidak tuntasnya program rehabilitasi, edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkotika. Termasuk keuntungan dari peredaran, serta masih lemahnya pengawasan dan penghukuman terhadap pengedar.

Meski demikian, sekalipun Presiden Duterte melakukan kebijakan tentang pemberangusan narkoba. Namun, cara semacam itu sebagian kecil dari peredaran.

"Perubahan kebijakan anti narkotika negara tetangga besar kemungkinan berpengaruh, namun kecil," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9282 seconds (0.1#10.140)