Nyamar Jadi Pembeli, Surya Jadi Bulan-bulanan Warga

Rabu, 12 Juli 2017 - 19:50 WIB
Nyamar Jadi Pembeli, Surya Jadi Bulan-bulanan Warga
Nyamar Jadi Pembeli, Surya Jadi Bulan-bulanan Warga
A A A
JAKARTA - Seorang pria muda spesialis curi motor, Surya Firmansyah (25), ‎nekat mencuri motor di salah satu warung PKL di Jalan Kapuk Tanggul Barat, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin 10 Juli 2017 kemarin.

Aksi Surya kemudian tertangkap tangan oleh pembeli lainnya yang curiga. Dia pun jadi bulan-bulanan warga yang kesal dengan ulahnya.

Beruntung, nyawanya berhasil diselamatkan saat petugas yang melakukan patroli melintas. Oleh petugas, pengangguran itu kemudian digelandang ke Polsek Cengkareng, Jakarta Barat.

Kanit Reskrim Polsek Cengkareng, AKP Poltar L. Gaol mengatakan, ‎Surya acap kali melakukan aksi curi motor milik PKL di beberapa tempat di Jakarta Barat.

Bersama dengan rekannya yang masih buron, pelaku selalu berpura-pura sebagai pembeli. Saat pedagang tengah sibuk melayani, Surya kemudian mencuri motor dengan menggunakan kunci letter T.

"Kebanyakan korbannya adalah pedagang. Ia sengaja mengincar pedagang karena sibuk melayani pelanggan, sehingga motornya tak diperhatikan," tutur Poltar di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Kepada penyidik, Poltar memaparkan, aksi Surya ini dilatarbelakangi karena tingginya kebutuhan pokok. Terlebih sejak beberapa hari terakhir pemilik indekos kerap kali menagih tunggakan sewa kamar.

Atas perbuatannya, Surya terancam hukuman penjara di atas lima tahun karena dianggap melanggar Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7006 seconds (0.1#10.140)