Marak Kriminalitas Jelang Lebaran, Sosiolog Sebut Fenomena Sosial

Kamis, 15 Juni 2017 - 08:11 WIB
Marak Kriminalitas Jelang Lebaran, Sosiolog Sebut Fenomena Sosial
Marak Kriminalitas Jelang Lebaran, Sosiolog Sebut Fenomena Sosial
A A A
JAKARTA - Maraknya aksi kriminalitas disertai dengan penembakan menjelang Hari Raya Idul Fitri membuat masyarakat resah.

Sosiolog Ibnu Chaldun Jakarta Musni Umar mengatakan, meningkatnya angka kriminalitas ini merupakan fenomena sosial yang sering terjadi menjelang Lebaran.

"Ini merupakan fenomena sosial yang muncul jelang Lebaran, karena Lebaran telah dimaknai sebagai pesta untuk menunjukkan kesuksesan di bidang materi melalui mudik di kampung halaman dan pesta keluarga dalam bentuk halal bihalal," ujar Musni kepada Okezone, Kamis (15/6/2017).

Musni juga menjelaskan, meningkatnya kebutuhan menjelang Idul FItri merupakan penyebab tingginya angka kriminalitas. Pasalnya orang cenderung melakukan apa pun guna mendapatkan uang.

"Mereka rela melakukan apa pun seperti berutang, menggadaikan barang yang dimiliki dan termasuk merampok demi mendapatkan uang untuk berlebaran," ujar Musni yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta ini.

Selain itu, Musni juga mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan dan tidak menunjukkan kepada orang lain kemewahan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini.

"Kita harus meningkatkan kewaspadaan menjelang Lebaran Idul Fitri untuk mencegah kriminalitas. Dalam menyambut Idul Fitri lebih baik juga secara sederhana, janganlah menunjukkan kemewahan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5080 seconds (0.1#10.140)